Besaran Pokok dan Satuan yang Sesuai

Besaran pokok dan satuan yang sesuai - Fisika sering dianggap sulit oleh sebagian siswa. Salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang besaran dan satuan dalam pengukuran. Misalnya, kilometer dan meter dimana keduanya adalah satuan dari besaran panjang. Namun dalam soal fisika hanya dipakai satuan meter, bukan kilometer. Satuan meter dipakai sebagai satuan internasional (SI).

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.com)


Besaran dan satuan merupakan konsep pelajaran IPA Fisika yang penting dikuasai dengan baik oleh siswa. Bagaimana mungkin siswa dapat memahami materi fisika tanpa dilandasi pengetahuan tentang besaran dan satuan. 

Oleh sebab itu pada kesempatan ini akan dikemukakan contoh soal mengenai besaran pokok dan satuannya.

Berdasarkan hasil pengalaman terhadap ujian di sekolah dan Ujian Nasional beberapa tahun belakangan, soal-soal yang mirip seperti ini sering muncul pada setiap kali UN mata pelajaran IPA. 

Hanya saja, model redaksi kalimat soal yang berbeda-beda. Dengan alasan ini kiranya dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tentang besaran dan satuan harus dimiliki oleh setiap siswa.

Perhatikan tabel berikut ini!
No
Besaran
Satuan
1
2
3
4
panjang
kecepatan
kuat arus
waktu
meter
meter per sekon
mili ampere
sekon

Besaran pokok dan satuan yang benar, ditunjukan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 4

Pembahasan:

Dalam fisika di kenal 7 besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, suhu, jumlah zat. Satuan dari ketujuh besaran pokok tersebut menurut sistem internasional (SI) berturut-turut adalah: meter, kilogram, sekon, ampere, kandela, Kelvin, dan mol. 

Nah, jika disusun secara benar semua besaran dan satuannya ke dalam tabel akan menjadi:

No
Besaran
Satuan
1
2
3
4
5
6
7
Panjang
Massa
Waktu
Kuat arus
Intensitas cahaya
suhu
Jumlah zat
meter
kilogram
sekon
ampere
kandela
kelvin
mol

Pada pilihan ganda di atas, maka kunci jawaban yang sesuai adalah D (1 dan 4). Besaran panjang satuannya meter, besaran waktu satuannya sekon (detik). 

Semoga pembahasan soal dan cara mengerjakannya ini dapat dipelajari oleh siswa dengan baik.***