Kiprah Tim Sepakbola SMPN 2 Lintau Buo di Ajang Smandalint Cup SMAN 2 Lintau Buo

Kiprah ti seppakbola smpn 2 lintau buo di ajang smandalint cup sman 2 lintau bbuo - SMAN 2 Lintau Buo, tahun ini kembali akan menggelar turnamen sepakbola. Panitia memberi tajuk turnamen seri ke- 7 ini dengan Turnamen Sepakbola Tourfoba 2024 Tingkat SMP/MTs SMAN 2 Lintau Buo.

Ilustrasi gambar: Tendangan Zidane Zidan (SMPN 2 Lintau Buo) berhasil ditepis oleh kiper Gibran Kurnia (MTsN 6 Sijunjung) pada ajang Smandalint Cup 5 Tahun 2017 (dok.Matrapendidikan.id)

Menurut jadwal, pembukaan turnamen ini akan dilangsungkan Sabtu (18/05/24) di Lapangan SMAN 2 Lintau Buo.

Apa yang menarik diungkapkan melalui Kolom Matra Pendidikan ini? 

Salah satunya kiprah tim sepakbola SMPN 2 Lintau Buo. Hampir setiap turnamen khususnya sepakbola, SMAN 2 Lintau Buo mengundang SMPN 2 Lintau Buo.

Matra Pendidikan akan mereview kiprah tim sepakbola SMPN 2 Lintau Buo di ajang Tourfoba (dulu, Smandalint Cup) 2 seri terakhir.

Runner-up Smandalint Cup VI 2017

Pada turnamen sepakbola yang dibuka oleh Kepala SMAN 2 Lintau Buo Drs. Masfar Ridwan ini, tim SMPN 2 Lintau Buo menjadi Runner-up setelah di final ditumbangkan 0-3 oleh tim MTsN 6 Sijunjung.

Gol kemenangan MTsN 6 Sijunjung ini diborong oleh Rafi Hidayatullah.

Tim SMPN 2 Lintau Buo maju ke final setelah menang telak 4-0 atas MTsS Darul Ulum Tigo Jangko. Gol diciptakan oleh Zidane Zidan (2 gol) dan Boby Irawan, Ahmad Khoirima masing-masing 1 gol.

Di pertandingan kedua, tim SMPN 2 Lintau Buo harus menghadapi drama adu penalti (1-1)(5-3) dengan tim SMPN 2 Lintau Buo Utara untuk maju ke partai final.

Angkat koper di Smandalint Cup 2023

Kalah telak 0-8 dari MTsN 9 Tanah Datar di babak awal, mengharuskan tim SMPN 2 Lintau Buo angkat koper dari turnamen Smandalint Cup VI.

Ilustrasi gambar: Tim SMPN 2 Lintau Buo (hitam) berhadapan dengan Tim MTsN 9 Tanah Datar (putih) pada ajang Smandalint Cup VI Tahun 2023 (dok.Matrapendidikan.id)

Pertandingan pembuka turnamen ini menjadi kisah buruk bagi tim SMPN 2 Lintau Buo.

Tim SMPN 2 Lintau Buo tidak siap bertanding pada turnamen itu. Kepala SMPN 2 Lintau Syafrida SPd waktu itu berkomentar:

“Pengalaman adalah guru yang terbaik. Kita jadikan hasil pertandingan ini sebagai evaluasi untuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler sepakbola untuk masa yang akan datang,” tutur Syafrida SPd.***

Penuh harapan

Turnamen yang kini berubah nama Tourfoba SMAN 2 Lintau Buo 2024 ini menjadi momen penuh harapan bagi tim SMPN 2 Lintau Buo.

Tujuh belas pemain dipersiapkan untuk membela tim SMPN 2 Lintau Buo. Partai pertama tim SMPN 2 Lintau Buo akan menghadapi MTsN 6 Sijunjung.

Namun Genta Purnama SPd tidak mau sesumbar menghadapi tim MTsN 6 Sijunjung, tim yang pernah mengalahkan tim SMPN 2 Lintau Buo di final pada ajang Smandalint Cup 2017 lalu..

"Insyaallah, anak-anak sudah siap bertanding" tutur pelatih tim kepada Matra Pendidikan beberapa waktu lalu.***