Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H/2024 M di SMPN 2 Lintau Buo Dibuka Kepala Sekolah

Kegiatan pesantren ramadhan 1445 h/ 2024 m di smpn 2 lintau buo dibuka kepala sekolah - Kegiatan pembelajaran dan Pesantren Ramadhan 1445 H/2024 M telah dimulai hari ini pada satuan pendidikan PAUD, SD dan SMP di Kabupaten Tanah Datar. Hal itu sesuai dengan surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Disdikbud Tanah Datar tentang kegiatan selama bulan Ramadhan1445 H.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd membuka Pesantren Ramadhan 1445 H (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Di SMPN 2 Lintau Buo kegiatan pembelajaran dan pesantren Ramadhan 1445 H pun telah dimulai. Pembukaannya langsung oleh kepala sekolah Syafrida SPd di Mushalla Nurul Ilmi kompleks sekolah setempat, Jumat 15/03/24).

Kegiatan pembukaan Pesantren Ramadhan dilakukan setelah pembelajaran tatap muka di ruang kelas berakhir. 

Pembukaan Pesantren Ramadhan 1445 H/2024 M dihadiri unsur pimpinan sekolah, wali kelas, pembimbing pesantren Ramadhan dan para guru serta tenaga kependidikan di SMPN 2 Lintau Buo.

"Kegiatan sekolah tidak akan mengganggu puasa. Jangan sampai kegiatan di sekolah merusak puasa. Justru sebaliknya, kegiatan sekolah menjadi ajang untuk memperbanyak ibadah untuk memperoleh pahala berlipat ganda dari Allah SWT." ujar kepala sekolah antara lain dalam sambutan pembukaan pesantren Ramadhan di hadapan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan.

Peserta didik pesantren Ramadhan (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Pada bagian lain kepala sekolah memaparkan skedul inti kegiatan pembelajaran maupun Pesantren Ramadhan selama bulan puasa.

"Kegiatan dimulai dengan PBM tapi dengan waktu yang lebih pendek. Kemudian dilanjutkan dengan pesantren Ramadhan." sambung kepala sekolah.

Satu jam pelajaran hanya 30 menit. Materi dan kegiatan PBM dimulai dengan berdoa dan tadarus serta membahas materi pelajaran yang bernuansa Imtaq.

Pesantren Ramadhan diawali dengan shalat Dhuha di Mushalla SMPN 2 Lintau Buo.

Materi Pesantren Ramadhan 1445 H di hari pertama berjudul Bahaya Sirik. Materi ini disampaikan oleh tim yang ditugaskan oleh kepala sekolah.

Mereka adalah Riza Orbatila SPd penyampai materi, Rocestri MPd pembawa acara dan operator digital Triyanda Putra SPd.

Riza Orbatila SPd pemateri Bahaya Sirik (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Kegiatan pembelajaran dan pesantren Ramadhan akan dievaluasi. Khusus tanggal 30 Maret 2024 ada ujian pesantren Ramadhan. Materinya mulai dari Bahaya Sirik sampai Perilaku Menyimpang.

Selanjutnya akan diadakan lomba praktek ibadah yang akan dilangsungkan selama 3 hari setelah ujian tulis materi pesantren Ramadhan.

Rocestri MPd dan Triyanda Putra SPd tim pemateri Bahaya Sirik (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Kegiatan pesantren Ramadhan 1445 H ternyata cukup menyita perhatian siswa. Tim Pemateri menyajikan cuplikan vidio seputar perilaku sirik dan contohnya.

Rocestri MPd selaku guru PAI dan pembimbing pesantren Ramadhan menghimbau siswa untuk selalu membawa buku agenda Ramadhan, Al Qur'an dan perangkat alat shalat setiap hari kegiatan.***