Apa Makna Simbol Bunga Mawar Merah Muda?

Apa makna simbol bunga mawar merah muda? – Bunga mawar termasuk salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer. Mudah dikembangbiakan di taman pekarangan rumah. Warna bunga mawar sangat menarik karena teridiri dari berbagai warna.

Ada bunga mawar berwarna merah muda, merah, kuning, ungu dan putih. Dalam satu batang juga terdapat variasi antara warna putih, merah muda dan merah pekat. Bahkan dalam teori persilangan, bunga mawar dijadikan sebagai percobaan tanaman dengan satu sifat beda (monohibrida).

Di depan rumah saya, ada sebatang bunga mawar yang dibiarkan tumbuh meninggi di sela-sela tanaman lain. Bahkan tinggi bunga mawar menandingi tinggi pohon jeruk nipis. Meskipun terkesan tumbuh liar namun mahkota bunga berwarna pink sangat menarik dipandang mata.

Bunga mawar berwarna pink terkesan lembut dan identik dengan sifat feminimisme. Oleh sebab itu cenderung orang menganggap kalau pink itu hanya warna kesukaan atau favorit kaum wanita.

Ternyata tidak selalu demikian. Warna pink juga termasuk warna kesukaan kaum pria, termasuk saya.

Dulunya, warna pink melambangkan kesedihan atau suasana berduka. Oleh sebab itu dalam mithologi Yunani, saat suasana duka orang cenderung memberi bunga mawar warna pink. Namun seiring perjalanan waktu, makna di balik mawar warna pink ditafsirkan semakin luas dan berbeda-beda.

Nah, pernahkah Anda menerima atau memberikan bunga mawar merah muda? Saya pernah diberi kenang-kenangan oleh murid saya setangkai mawar warna pink hasil kerajinan tangannya di sekolah. Segan bertanya pada murid tersebut, saya mencari sumber referensi makna simbol bunga mawar warna merah muda.

Ternyata mawar merah muda alias pink melambangkan penghormatan, kebahagiaan dan kelembutan serta pujian. Mawar warna pink lebih tua untuk menunjukkan ungkapan rasa terima kasih. Sementara agak lebih muda melambangkan kekaguman.

Jauh sebelumnya semasa SMA, saya pernah memberi sapu tangan warna merah muda pada adik kelas yang saya kagumi. Saya tahu dari majalah remaja kalau warna itu melambangkan kelembutan dan keanggunan. Dan memang, adik kelasku itu lembut dan anggun…Hahaay….***