Peranan Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak

Peranan keluarga membentuk karakter anak – Paling tidak ada 3 jenis lingkungan yang berpengaruh terhadap karakter anak. Lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan sosial masyarakat.

Pada gilirannya, anak akan berinteraksi secara langsung dengan ketiga lingkungan tersebut.

Bagaimana corak dan warna karakter lingkungan akan berpengaruh langsung terhadap pembentukan karakter dan kepribadian anak.

Pada mulanya anak tumbuh dan berkembang di lingkungan keluarga.

Di lingkungan pertama ini terdapat kedua orangtua, ayah dan ibu. Kemudian ada saudara dan anggota keluarga lainnya. Ayah adalah pemimpin keluarga dalam segala hal. 

Penyokong ekonomi anggota keluarga. Segala pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup anggota keluarga haruslah yang baik, sifat maupun zatnya.

Sebagai pendidik anggota keluarga, melalui sikap dan keteladanan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. 

Kepemimpinan seorang ayah akan menjadi contoh bagi anggota keluarga lainnya, termasuk sang anak. 
Simak juga: Pembentukan Karakter Anak di Lingkungan Keluarga
Sementara itu, ibu adalah pengurus rumah tangga sekaligus pengasuh dan perawat anak dengan kasih sayang yang tiada bandingnya.

Hal ini sudah dimulai oleh ibu ketika anak masih dalam kandungan. Kemudian setelah anak lahir, bentuk kasih sayang ibu diwujudkan dengan pemberian air susu ibu (ASI). Gratis dan higienes.

Dari proses ini karakter sang ibu akan berpengaruh pada pembentukan karakter anak secara langsung.
Peranan ayah dan ibu sebagaimana uraian di tas menjadi soko guru dalam pembentukan karakter anak sebelum berinteraksi dengan lingkungan lainnya. 

Dengan modal dasar karakter yang kokoh dan memadai, akan mengantarkan anak untuk menempuh lingkungan sekolah dan lingkungan sosial dimana anak berada.

Lingkungan sekolah tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengembangkan karakter anak. Begitu pula di lingkungan masyarakat tempat anak berinteraksi sosial. Semoga.***