Pilketos Sistem Pemilu Wujudkan Siswa Kreatif dan Berpikir Nalar

Pilketos sistem pemilu wujudkan siswa kreatif dan berpikir nalar – SMPN 2 Lintau Buo telah berhasil menggelar Pemilihan Ketua Osis disingkat Pilketos. Pesta belajar demokrasi ini diselenggarakan dengan sistem Pemilihan Umum (Pemilu), Sabtu lalu (22/10/22).

Luar biasa! Zaharatul Hazanah, saat terpilih menjadi ketua MPK sekaligus ketua Pilketos, telah berhasil memenuhi janjinya.

Saat terpilih menjadi ketua MPK, (6/10/22) Zaharatul Hazanah bertekad akan melaksanakan Pilketos paling lambat dua Minggu kedepannya.

Tentu saja bukan asal memasang target. Zaharatul Hazanah yakin karena ia didampingi Wakil Ketua Airin Emilia Putri dan Sekretaris Ikhsan Aldy.

Selain itu, kemampuan Zaharatul Hazanah untuk berkolaborasi dengan Anggota MPK, Pengurus Osis yang lama tidak diragukan lagi.

Tidak hanya di level siswa, Zahra juga rajin berkonsultasi dan berkomunikasi dengan Pembina Osis, wakil kepala sekolah dan kepala sekolah.

Tercapaikah tujuan pembelajaran pesta belajar demokrasi di sekolah? Simak uraian berikut ini.

Siswa kreatif dan berpikir nalar 

Pilketos dengan tema pesta belajar demokrasi ini dalam rangka upaya mewujudkan siswa yang kreatif dan berpikir nalar. 

Hal itu sejalan dengan 2 dari 6 ciri profil Pelajar Pancasila seperti tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Ada 6 ciri utama pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Siswa kreatif dan berpikir nalar dapat terwujud melalui tahap Pilketos :

1.Konsultasi berapa siswa dari pengurus dan anggota Osis SMPN 2 Lintau Buo Masa Bhakti 2021/2022 dengan Pembina Osis dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan tentang Pemilihan Pengurus Osis Masa Bhakti 2022/2023.

2.Konsultasi dengan kepala sekolah tentang rencana dan persiapan Pemilihan Ketua Osis.

3.Mengadakan rapat perwakilan kelas yang diikuti oleh perwakilan setiap kelas dan pembentukan pengurus Majelis Perwakilan Kelas, disingkat MPK.

4.Diskusi MPK dan pengurus Osis tentang sistim pemilihan Ketua Osis disingkat Ketos.

5.Kesepakatan pelaksanaan Pemilihan Ketua Osis, disingkat Pilketos oleh MPK.

6.Penjaringan bakal calon ketos oleh panitia Pilketos.

7.Rapat MPK untuk menetapkan Kandidat Ketos SMPN 2 Lintau Buo Masa Bhakti 2022/2023.

8.Penyampaian visi dan misi kandidat Ketos

9.Penyelenggaraan Pilketos yang semarak.

Bagi sekolah, penyelenggaraan Pilketos menjadi bahan nyata untuk meningkatkan proses pembinaan karakter profil pelajar Pancasila. 

Bagi siswa sendiri, pesta belajar demokrasi akan menjadi modal dasar untuk pengembangan sikap kreatif dan berpikir nalar.***