MPK Terbentuk, Zaharatul Hazanah Terpilih Sebagai Ketua Masa Bhakti 2022/2023

Mpk terbentuk zaharatul hazanah terpilih sebagai ketua masa bhakti 2022/2023 – Majelis Perwakilan Kelas (MPK) masa bhakti 2022/2023 di SMPN 2 Lintau Buo Kab. Tanah Datar Sumbar berhasil dibentuk. Sementara Zaharatul Hazanah terpilih sebagai ketua MPK dalam rapat perwakilan kelas yang berlangsung di ruang Lab. IPA, Kamis siang (6/10/22).

Airin Emilia Putri dan Ikhsan Aldy masing-masing menjadi Wakil Ketua dan Sekretaris MPK masa bhakti 2022/2023.

Hadir dalam rapat pembentukan dan pemilihan pengurus MPK sekaligus sebagai panelis antara lain Kepala sekolah Syafrida SPd, Waka Kurikulum Ropi’u SPd, Waka Kesiswaan Edy Samsul, Pembina Osis Isral SPd dan guru senior masing-masing Arlis Anwar SPd dan Hasma Umneti SPd.Ing.

Proses pemilihan pengurus 

Pembina Osis SMPN 2 Lintau Buo Isral SPd langsung memandu rapat perdana perwakilan kelas. Ia menyatakan bahwa Anggota MPK merupakan perwakilan dari setiap kelas yang terdiri dari 2 sampai 5 siswa.

“Siswa yang berada di ruang rapat ini mewakili kelas masing-masing dalam menyampaikan inspirasi untuk kemajuan sekolah,” tegas pembina Osis.

Lebih jauh Pembina Osis Isral SPd menyampaikan tentang apa itu MPK, fungsi MPK dan kriteria pengurus MPK.

Oleh sebab itu ia berharap agar siswa perwakilan kelas tidak sekadar ikut-ikutan.

Rapat MPK juga berhasil memilih pengurus MPK yang terdiri dari Ketua, Wakil ketua dan sekretaris.

Proses pemilihan pengurus berlangsung alot. Dimulai dengan penjaringan bakal calon (Balon)  sebanyak 6 siswa.

Setiap tingkat kelas mengajukan 2 nama untuk Balon pengurus MPK sehingga berjumlah 6 orang Balon pengurus.

Enam Balon pengurus dipilih oleh anggota MPK dan masing-masing anggota memberikan dua suara untuk calon berbeda.

Pemilihan calon pengurus berhasil memilih 3 orang dengan perolehan suara terbanyak. Mereka adalah Zahratul Hazanah (24 suara), Ikhsan Aldy (21 suara) dan Airin Emilia Putri (13 suara).

Ketiga calon ini menampilkan kepiawaiannya berbicara di depan anggota MPK dan panelis untuk menyampaikan visi dan misi.

Kemudian 6 panelis juga memberikan suara untuk memilih siapa yang menjadi ketua, wakil ketua dan sekretaris MPK periode 2022/2023.

Akhirnya Zaharatul Hazanah terpilih menjadi ketua, Airin Emilia Putri (wakil ketua) dan Ikhsan Aldy (sekretaris).

Belajar berdemokrasi di sekolah

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd yang juga sebagai panelis mengatakan bahwa pemilihan pengurus MPK adalah salah satu proses belajar berdemokrasi di sekolah.

Kepala sekolah juga berharap MPK mengetahui tugas dan fungsinya.

“Pengurus dan Anggota MPK perlu mengetahui tugas dan fungsinya sehingga pemilihan pengurus Osis dan kegiatan lainnya berjalan lancar,” harap kepala sekolah.

Arlis Anwar SPd salah seorang guru senior yang juga panelis menyampaikan bahwa perwakilan kelas  akan bertugas menjadi penyelenggara pemilihan pengurus Osis periode 2022/2023.

“Tugas ini harus dijalankan dengan baik sehingga akhirnya terbentuk pengurus Osis yang dapat menunjang program-program sekolah,” imbuh Arlis Anwar SPd.

Sementara itu Zaharatul Hazanah, ketua MPK terpilih didampingi Wakil ketua dan sekretaris berjanji akan melaksanakan tugas dalam penyelenggaraan Pemilihan Pengurus Osis masa bhakti 2022/2023 dalam waktu dekat.***