Kegiatan Muhadharah Dikemas Apik Oleh Wali Kelas

Kegiatan muhadharah dikemas apik oleh wali kelas – Topik larangan mengolok-olok dan berprasangka, menjaga kebersihan toilet dan berbakti pada kedua orangtua telah dikemas dengan apik dalam kegiatan muhadharah oleh wali kelas bersama siswa di kelas bimbingannya.

Wali Kelas 9.B SMPN 2 Lintau Buo, Hasma Umneti SPd.Ing merangkum kembali jalan dan isi kegiatan muhadharah rutin di halaman sekolah setempat, Jumat (28/10/22).

Dalam awal rangkuman kegiatan muhadharah wali kelas, yang juga guru Bahasa Inggris itu menyebutkan bahwa kegiatan muhadharah menjadi ajang melatih siswa tampil di depan umum sekaligus belajar berdakwah.

Selanjutnya Hasma Umneti SPd.Ing membenarkan bahwa memang di dalam Al Qur’an disebutkan dengan jelas perihal sikap dan perilaku mengolok-olok dan berprasangka buruk yang harus dihindari, termasuk oleh siswa.

“Hal itu terdapat dalam QS Al-Hujarat ;11-12 seperti yang telah dikumandangkan oleh temanmu tadi.

Jadi, sesama siswa juga tidak boleh saling mengolok-olok, mengejek, mem-bully atau memanggil seseorang dengan sebutan yang tidak mengenakkan hati” tegas wali kelas.

Selanjutnya Wali Kelas 9.B itu juga merangkum pidato singkat putra bahwa kebersihan WC di sekolah perlu dipelihara. 

“Jika saat menggunakan WC dalam keadaan bersih maka jangan tinggalkan dalam keadaan tidak bersih. Ingatlah orang yang akan menggunakannya setelah itu,” simpul wali kelas.

Mengomentari pidato singkat siswa putri, Hasma Umneti SPd berharap agar siswa dapat berlaku santun terhadap kedua orangtua siswa.

Penyerahan hadiah lomba

Usai kegiatan Muhadharah dilanjutkan dengan kegiatan  penyerahan hadiah kepada kelas Pemenang LCC Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan Solo Song Minang Populer 2022 Tingkat SMP se-Kab. Tanah Datar.

Nadia Melani Putri meraih Juara II Lomba Lagu Solo Vokal Minang Populer Tingkat SMP Se-Kab. Tanah Datar yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Lima Kaum, Senin (10/10/22).

Hadiah diserahkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Edi Syamsul.

Sedangkan Juara LCC Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, masing-masing diserahkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ropi'u SPd (untuk Juara I, Kelas 9.B).

Kemudian Pembina Osis SMPN 2 Lintau Buo, Isral SPd (Juara II, Kelas VIII.C) dan guru SBD Elfianti SSn (Juara III, Kelas VII.A).***