Penyebab Siswa Ngantuk Belajar, Salah Satunya Anemia!

Penyebab siswa ngantuk belajar, salahsatunya anemia! - Setiap guru pernah, bahkan sering menjumpai siswa mengantuk saat belajar di ruang kelas. Itu sudah lumrah dan bukanlah sesuatu yang baru.

Namun demikian yang perlu diperhatikan adalah penyebab mengapa siswa mengantuk saat belajar. Apakah karena kurang tidur, tidak sarapan pagi atau mengalami anemia.

Ketiga hal tersebut menjadi disinyalir sebagai penyebab internal siswa mengantuk saat mengikuti pelajaran di ruang kelas.

Perihal anemia dan masalah gizi lainnya sudah dan sedang ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

Pihak rumah sakit atau puskesmas terdekat sudah memberikan penyuluhan kesehatan kepada siswa di sekolah. Termasuk di SMPN 2 Lintau Buo.

Tidak hanya sampai disitu, pihak Puskesmas Lintau Buo Tigo Jangko menindaklanjuti dengan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) kepada siswa putri.

Pemerintah Kab. Tanah Datar sendiri juga sudah menindaklanjuti sejalan dengan Program unggulan daerah tersebut. 

Rabu (26/10/22) secara serentak telah diluncurkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi pelajar di setiap kecamatan.

Di kecamatan Lintau Buo misalnya, dipusatkan di MTsN 9 Tanah Datar Pangian.

Selanjutnya mengetahui gejala stunting di kalangan pelajar, Pihak Puskesmas Lintau Buo Tigo Jangko juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan siswa yang laksanakan di Ruang Osis SMPN 2 Lintau Buo, Kamis (27/10/22).

Sementara penyebab internal siswa ngantuk belajar di sekolah karena kurang tidur dan tidak sarapan pagi perlu perhatian orangtua di rumah.

Orangtua perlu mengawasi waktu tidur anak. Begitu pula masalah sarapan, orangtua diharapkan menyiapkan sarapan pagi untuk putra-putrinya.***