Anggap Try Out Itu Ujian Sebenarnya

Anggap try out itu ujian sebenarnya – Sering siswa menganggap sepele ujian try out (uji coba), terutama sekali try out ujian nasional (UN) maupun ujian sekolah (US). Siswa merasa hasil ujian try out itu tidak akan berpengaruh terhadap nilai kelulusan. Oleh sebab itu mereka tidak mempersiapkannya dengan baik. Mereka hanya sekadar ikut dalam rangkaian program sukses UN.

Jika hasil ujian try out tidak berpengaruh langsung terhadap kelulusan siswa, itu benar.  Kegiatan try out bukan untuk mencari nilai untuk kelulusan siswa pada sekolah. Ujian try out memiliki fungsi dan manfaat tersendiri sehingga perlu diadakan oleh pihak sekolah.

Siswa yang berada di tingkat terakhir atau kelas terakhir suatu jenjang pendidikan perlu mengubah pola pikir terhadap try out UN maupun US.

Kemudian berusaha menentukan sikap dimana memandang pelaksanaan try out itu seolah-olah siswa mengikuti UN atau US sebenarnya.

Dengan pola pikir seperti itu akan mendorong siswa untuk terus belajar, mempersiapkan ujian try out,  mengatur jadwal belajar di rumah, mempersiapkan fisik dan mental, seolah-olah siswa akan menghadapi ujian yang sangat krusial dan menentukan. 

Sekolah yang mengadakan ujian try out UN atau US merupakan suatu keuntungan di pihak siswa. Oleh sebab itu siswa harus memanfaatkan kesempatan baik ini karena ujian try out banyak fungsi dan manfaatnya bagi siswa.

Yang pasti, ujian try out adalah wahana untuk mengasah kemampuan siswa dalam menjawab soal. Mengetahui seberapa jauh penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Kemudian meningkatkan frekuensi belajar di rumah.

Lagi pula ujian try out di sekolah tidak dipungut biaya pada orangtua. Kecuali mungkin sekolah swasta atau sekolah yang tidak dibiayai oleh pemerintah.

Biaya pelaksanaan kegiatan siswa yang berkaitan dengan ujian nasional/sekolah dibebankan pada anggaran sesuai dalam BOS (bantuan Operasional sekolah).

Jadi, anggaplah ujian try out UN maupun US itu ujian yang sebenarnya dan menentukan kelulusan.***