Fungsi dan Manfaat Try Out UN Bagi Siswa

Fungsi dan manfaat try out un bagi siswa – Try-out (TO) adalah proses uji-coba terhadap kemampuan siswa dalam menguasai materi pada mata pelajaran tertentu. Jika dilaksanakan dalam rangka UN (ujian nasional), maka TO akan menjadi ajang untuk menjajaki sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang di-UN-kan.

TO UN tidak hanya sebagai kalender akademis semata bagi sekolah. Tidak pula sekadar menjalankan program sekolah dalam mempersiapkan UN. TO UN berfungsi multi berkaitan dengan ujian nasional. 

Fungsi Try Out

Fungsi Try Out tersebut antara lain menjajaki:

1.Kesiapan sekolah menghadapi UN
2.Cara belajar siswa di sekolah maupun di rumah
3.Teknik dan strategi guru dalam mengajar
4.Dukungan orangtua siswa dan komite sekolah
5.Kepedulian pemerintah terhadap pendidikan di lembaga sekolah.

Rangkaian kegiatan try-out UN di sekolah dimulai dari persiapan sampai proses pelaksanaan dan keluarnya hasil TO oleh pihak yang menyelenggarakannya.

Berhubung kegiatan tersebut menyangkut kepentingan semua pihak terkait pendidikan di sekolah maka hasil TO tersebut perlu diinformasikan dan diketahui oleh pihak tersebut.

Pengumuman hasil TO biasanya dalam bentuk data lengkap pencapaian siswa. Penyampaian informasi hasil TO tidak hanya kepada peserta didik. Pihak orangtua dan komite perlu mengetahui informasi tersebut.
Sampai dimana penguasaan siswa terhadap materi pelajaran? Materi apa yang sudah dan belum dikuasai siswa?

Berdasarkan analisa pencapaian siswa maka dilakukan tindak lanjut (follow-up). Biasanya tindak lanjut hasil TO dilakukan pada program belajar tambahan sore.

Manfaat Try Out

Bagi siswa, informasi hasil TO memiliki banyak manfaat, paling tidak ada 5 manfaatnya bagi siswa:

1.Motivasi bagi siswa untuk belajar lebih giat dan tekun
2.Bahan perkiraan bagi siswa untuk memperoleh hasil yang lebih baik pada UN
3.Mengetahui materi penting yang sudah maupun yang belum dikuasai 
4.Mengarahkan siswa untuk memusatkan perhatian pada materi pelajaran tertentu.
5.Memberi gambaran kepada siswa tindak lanjut apa yang akan dijalankan siswa berdasar informasi hasil TO yang diperoleh siswa.
Itulah diantaranya manfaat informasi hasil try-out ujian nasional bagi siswa di setiap jenjang pendidikan, khususnya siswa di kelas terakhir.***