Open House Lebaran Idul Fitri 1445 H Keluarga Besar SMPN 2 Lintau Buo, Seru!

Open house lebaran idul fitri 1445 h keluarga besar smpn 2 lintau buo, seru! - Pada saat maupun usai lebaran, sudah biasa dilaksanakan halal bihalal ataupun open house lebaran untuk mempererat silaturrahmi dengan rekan kerja maupun karib kerabat.

Open house lebaran di rumah kepala sekolah (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Wah, istilah "open house" agak tinggi kesannya. Biasanya dilakukan oleh pejabat, pengusaha dan lainnya. Eits...! Tunggu dulu!

Ternyata open house tidak hanya di kalangan pejabat, apalagi open house lebaran. Guru yang menjadi bagian komunitas masyarakat pun sudah biasa menggelar open house lebaran. 

Artinya, open house dilakukan oleh sebagian masyarakat dari berbagai status sosial. Dan, open house lebaran merupakan momen dimana pemilik rumah siap menerima tamu datang ke rumah.

Suci Indriani SPd (kanan) salah seorang pejabat eselon III di Pemda Tanah Datar ini juga terlihat asik menyantap soto ayam (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Tuan rumah menyediakan hidangan spesial. Makan besar dengan menu favorit, minuman pelengkap disertai aneka kue basah dan kering.

Open house lebaran hari pertama 

Keluarga besar SMPN 2 Lintau Buo telah melaksanakan open house lebaran selama 2 hari berturut-turut, Jumat dan Sabtu (19 dan 20 April 2024).

Open house lebaran sudah menjadi tradisi baik di lembaga sekolah ini. Open house lebaran Idul Fitri 1445 H diawali di rumah keluarga Elfianti SSn.

Beberapa guru foto bareng di rumah Elfianti SSn (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Guru Seni Budaya yang juga pemilik lapangan futsal "Rimo Futsal" di Nagari Pangian ini menyediakan menu soto ayam spesial plus minuman spesial.

Jamuan istimewa plus hiburan berkaraoke ria adalah ciri khas di rumah keluarga Elfianti SSn.

Open house lebaran hari kedua

Pada hari kedua, open house lebaran Idul Fitri 1445 H dilanjutkan di rumah keluarga Syafrida SPd, Kepala SMPN 2 Lintau Buo. 

Jika di rumah Elfianti SSn tersedia soto ayam yang maknyus maka di rumah keluarga Syafrida SPd juga tersedia menu istimewa model sajian franchise diner dengan ikan goreng spesial serta menu khas tradisional Minangkabau.

Foto bareng keluarga besar SMPN 2 Lintau Buo dengan latar rumah gadang kaum kepala sekolah (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Selain itu tamu dari keluarga besar SMPN 2 Lintau Buo juga disuguhi camilan basah dan kering yang luar biasa. Cocok dengan segala usia dari keluarga besar SMPN 2 Lintau Buo.

Itu soal menu atau hidangan dari tuan rumah open house lebaran Idul Fitri 1445 H. Bagaimana isi kegiatannya?

Susunan acara khusus

Keluarga besar SMPN 2 Lintau Buo sudah menyiapkan susunan acara pada open house lebaran.

Ada sesi fa'fu wasfahu, makan besar bersama dan dilanjutkan dengan hantaran kata dari si tamu dibalas oleh tuan rumah. 

Sesi ini merupakan hantaran ucapan terima kasih si tamu melalui juru bicaranya kepada tuan rumah. Hal ini mirip dialog Pasambahan usai makan, salah satu adat dan tradisi masyarakat Minangkabau usai makan.

Si tuan rumah, juga melalui juru bicara, membalas hantaran si tamu tentang kekurangan atau kesalahan dalam penyambutan tamu, baik sikap maupun hidangan yang telah disediakan.

Akan tetapi si tamu sudah arif dan memberikan jawaban yang semestinya. 

Akhir acara dipatri dengan doa yang dipimpin oleh salah seorang si tamu. Dan, berfoto ria adalah momen penutup open house lebaran Idul Fitri 1445 H.***