H.Masrul Yakin, Tokoh Pendidikan Tanah Datar Tutup Usia

H.Masrul Yakin, tokoh pendidikan tanah datar tutup usia - Tokoh pendidikan Tanah Datar Sumbar H.Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo tutup usia. Haji Mai, sapaan populer pengusaha peternak ayam ini menghembuskan napas terakhir di Puskesmas Lintau Buo II Tigo Jangko, sekitar pukul pukul 9.10 Wib pada hari Sabtu (27/04/24).

Tokoh pendidikan Kabupaten Tanah Datar tutup usia (dok.repro/ Matrapendidikan.id)

"Kita mendengar kabar kepulangan beliau ke rahmatullah melalui WhatsApp dan langsung melayat ke rumah duka di kawasan simpang tanah runtuh Nagari Tigo Jangko ujar Mahesa Tekno, admin matrapendidikan.id.

Bersama admin juga turut Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd dan majelis guru serta tenaga kependidikan.

Dari keluarga terdekat, Firman, diperoleh informasi almarhum meninggal dunia dalam usia 70 tahun. Meninggalkan seorang istri Hj. Yusmawati, SPd dan 3 orang anak serta 7 orang cucu.

Jefri Masrul SE putra sulungnya kini adalah Anggota DPRD Sumbar. Arido Putra dan Nazifah Rahmi masing-masing putra kedua dan putri ketiga pernikahan Haji Mai dengan Hj. Yusmawati SPd, pensiunan guru.

Dalam catatan kecil admin matrapendidikan.id, Haji Mai adalah seorang tokoh yang sangat peduli dengan pendidikan di Lintau Buo dan Kabupaten Tanah Datar umumnya.

Di Kabupaten Tanah Datar almarhum adalah mantan Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten dan pengurus Komite SMAN 3 Batusangkar.

Beliau juga seorang Ninik Mamak, Ketua KAN Tigo Jangko. Selain itu juga Wakil Ketua IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Tanah Datar.

Di kalangan SMPN 2 Lintau Buo, H. Masrul Yakin bukanlah hal asing. "Beliau adalah mantan ketua Komite sekolah sekian periode dan dengan alasan kesehatan akhirnya  kesehatan beliau mengundurkan diri," jelas Mahesa Tekno.

Saat ini Haji Mai adalah pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum Tigo Jangko.

Tidak hanya bidang pendidikan. Ayahanda Jefri Masrul SE juga berkiprah dan menjadi donatur di berbagai masjid dan mushalla.

Terakhir keluarga H.Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo menjadi donatur utama pengembangan Masjid Nurul Iman Rajawali Tigo Jangko.

Masih banyak posisi dan kedudukan lainnya yang diemban oleh Haji Mai. Semoga menjadi amal salih bagi beliau di sisi Allah SWT.

Melalui media ini admin Matra Pendidikan mengucapkan "belasungkawa" yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya tokoh pendidikan di Kabupaten Tanah Datar. Serta keluarga yang ditinggalkan agar sabar dan tabah menghadapi ini.

Selamat jalan, pak Haji. Semoga Allah SWT menempatkan mu di surga-Nya. Aamiin!***