Kenapa Mudah Capek dalam Bekerja? Ini Penyebabnya!

Kenapa Mudah capek dalam bekerja? Ini penyebabnya! - Capek setelah bekerja? Iya, so pasti. Memang, sering kita mendengar orang mengeluh karena capek bekerja. Bahkan saat mendengar keluhan tersebut kita sering berkata dalam hati, yang namannya bekerja sudah pasti mendatangkan keletihan atau capek. Duduk-duduk saja seharian pun sudah pasti menimbulkan rasa capek. Lalu, apa masalahnya?

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Ada sisi lain yang menarik dihubungkan dengan keluhan rasa capek seseorang setelah beraktivitas. Sejak dulunya, orang pasti merasa capek apabila beraktivitas seharian. Orangtua kita, ketika zaman dulu, juga sering berkata begitu. Namanya bekerja, pasti capek. Duduk-duduk saja juga akan terasa capek. Bahkan tidur kelamaan, juga terasa capek.

Kenapa merasa capek habis bekerja? 

Aktivitas fisik maupun psikis sehari-hari akan menimbulkan rasa lelah. Banyak kerja capek, banyak berpikir juga capek. Aktivitas itu membutuhkan energi. Tubuh kita perlu energi untuk beraktivitas. Jika kekurangan energi kita akan keletihan. Ketika merasakan capek bisa juga diartikan, kita perlu istirahat!

Faktor penyebab mudah capek bekerja ada dua, faktor internal dan faktor eksternal. Umur, jenis kelamin, status gizi, kesehatan serta riwayat penyakit adalah faktor internal.

Sedangkan faktor eksternal yang menjadi penyebab mudah capek bekerja adalah beban kerja, lingkungan dan konsumsi makanan.

Sebagai pembanding, orang pada zaman moderen seperti sekarang ini lebih cenderung mudah capek dalam bekerja. Orang zaman dulu merasa capek, memang karena kerja berat. 

Tapi makanan kebanyakan orang zaman dulu adalah makanan yang belum banyak terkontaminasi oleh bahan aditif buatan yang mengandung zat kimia. Umumnya mengkonsumsi makanan dengan zat aditif (bahan tambahan) alami.

Akan tetapi orang yang hidup di zaman sekarang lebih cenderung mengkonsumsi makanan yang menggunakan zat tambahan bahan makanan seperti pengawet, pewarna dan pemanis zat kimia. 

Kemudian, aktivitas selingan orang zaman moderen dan cenderung menimbulkan rasa capek. Bahkan duduk-duduk saja sudah mendatangkan rasa capek luar biasa. Sebutlah bermain game bermain game dan bermedia sosial melalui gadget.

Aktivitas bekerja sehari-hari di kantor duduk dan membuka PC (dekstop dan laptop) dalam waktu lama. Begitu pula aktivitas selingan bermedia sosial melalui  perangkat gadget. Itu juga dilakukan dalam waktu lama. Main game adalah salah satu akivitas selingan yang sangat mengasikkan. Bisa lupa akan waktu sehingga tak terasa waktu berlalu. Setelah itu akan merasakan dampaknya, capek mata, pikiran dan fisik.

Agar tidak mudah capek bekerja rutin perlu diperhatikan banyak hal seperti faktor internal, eksternal dan faktor lainnya. Tentu perlu juga perhatikan makanan yang dikonsumsi serta waktu istirahat.***