Menyambut Bulan Ramadhan

Menyambut bulan ramadhan,  bersihkan lingkungan dan hati - Bulan puasa Ramadhan 1445H/2024M sudah diambang pintu. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan tersebut, termasuk di lembaga sekolah.

Siswa dibimbing guru membersihkan area di depan sekolah (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Berdasarkan Surat Edaran Disdikbud Kabupaten Tanah Datar Sumbar, penutupan PBM sebelum bulan puasa adalah 9 Maret 2024. Kemudian kembali mulai PBM di bulan Ramadhan 15 Maret 2024.

Khusus di SMPN 2 Lintau Buo, di akhir PBM semester dua sebelum bulan puasa ini, guru dan siswa melaksanakan berbagai kegiatan.

Rapat dewan guru menyiapkan agenda PBM bulan Ramadhan (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd dalam sambutan saat memulai aktivitas hari itu mengatakan bahwa untuk memasuki bulan puasa Ramadhan perlu membersihkan lingkungan, makan bersama dan saling memaafkan.

"Memasuki bulan Ramadhan kita perlu membersihkan lingkungan serta saling bermaafan dengan teman dan juga guru," ujar kepala sekolah di hadapan siswa, Sabtu pagi (09/03/24).

Siswa dan guru saling memaafkan (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Agenda kegiatan pertama adalah gotong-royong membersihkan lingkungan sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan acara makan bersama serta diakhiri dengan fa'fu wasfahu (saling memaafkan).

Agenda kegiatan penutupan PBM pada hari itu adalah rapat dewan guru membahas agenda kegiatan PBM selama bulan Ramadhan 1445H/2024M.

Pembagian tugas guru dan kegiatan siswa sudah dibicarakan. Oleh sebab itu diharapkan PBM selama bulan Ramadhan berjalan dengan lancar.***