Menyambut Bulan Ramadhan 1445 H/2024 M

Menyambut bulan ramadhan 1445 h/2024 m - Puasa Ramadhan 1445 H/2024 M sudah diambang pintu. Umat muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci tersebut dengan penuh suka cita. Hal ini karena bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan sekaligus bulan pengampunan. 

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Perbedaan awal puasa 1 Ramadhan sudah tidak perlu menjadi persoalan lagi. Hal ini sudah terjadi sejak dulu, tergantung pada pada lembaga yang menjadi payung umat islam dalam melaksanakan ibadah dan ukhwah islamiyah.

Untuk bulan Ramadhan 1445H ini sudah tersiar informasi dari berbagai media cetak, elektronik dan online. Organisasi Muhammadyah misalnya, 1 Ramadhan atau awal berpuasa dimulai Senin 11 Maret 2024.

Nahdatul ulama (NU) memulai berpuasa pada Rabu 12 Maret 2024. Sementara itu pemerintah sesuai kalender yang diterbitkan akan menetapkan 1 Ramadhan 1445 H juga jatuh pada hari Selasa 12 Maret 2024. 

Ketetapan pemerintah ini didasarkan keputusan sidang isbat yang diadakan Minggu 10 Maret 2024.

Perbedaan dalam memulai berpuasa terjadi karena adanya variasi dalam metode perhitungan hilal, lokasi pengamatan hilal, keputusan organisasi islam, perbedaan interpretasi serta pendekatan yang digunakan.

Sebagai umat muslim yang akan menunaikan ibadah puasa, perbedaan mulainya beribadah puasa bukan menjadi suatu masalah.

Baik pemerintah maupun organisasi yang menetapkan awal bulan puasa, sudah memenuhi ketentuan sesuai syariat islam.

Namun yang pasti, dalam menunaikan ibadah puasa perlu memperhatikan rambu-rambu yang sudah ada sesuai syariat islam.

Selain itu menjaga ukhwah islamiyah dan menjunjung nilai toleransi sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama RI No.01 Tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Kita sambut bulan Ramadhan 1445 H dengan kegembiraan dan kesucian bathin. Marhaban ya Ramadhan, Mohon maaf lahir dan bathin kepada pengunjung yang budiman ***