Tetap Berkiprah di Tengah Kompetisi Jagat Dunia Maya

Tetap berkiprah di tengah kompetisi jagat dunia maya - Matra Pendidikan merupakan salah satu jenis website pribadi dengan niche pendidikan. Eksistensinya di belantara jagat maya sudah genap 11 tahun sejak diluncurkan, 18 Februari 2013 lalu.

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.id)

Sejak awal perjalanan Matra Pendidikan boleh dikatakan mirip dengan perjalanan hidup seseorang dimana akan ditemukan jalan pendakian, datar dan jalan penurunan. Begitu pula kelancaran maupun hambatan dalam perjalanan, tak luput dari kisah perjalanan website ini.

Situs ini dikelola oleh Admin sendiri namun sudah banyak kontributor atau penulis yang sudah ikut berkontribusi mengirimkan artikel opininya.

Perubahan-perubahan fisik sudah berulangkali terjadi terutama template dan widget. Hal ini hanya sekadar penyesuaian diri dengan selera pengunjung dan perkembangan tata letak sebuah website personal.

Penurunan trafik pengunjung, bukanlah hal yang aneh di tengah kompetisi jagat maya internet. Apalagi bagi situs bertema pendidikan ini.

Penurunan visitor traffic akan berdampak signifikan terhadap pendapatan.

Website personal ini sejak awal dilaunching sudah menjadi sumber pendapatan sekaligus pekerjaan sampingan bagi adminnya.

Penghasilan berasal dari pemasangan iklan google (google adsense) dan kerjasama penempatan konten (content placement).

Pada awalnya juga pendapatan dari iklan google cukup bagus dan menjadi pendapatan tambahan yang menjanjikan.

Namun di tengah kompetisi media online, website pribadi ini terkena imbasnya. Pendapatan adsense anjlok sehubungan dengan penurunan lalu lintas pengunjung.

Kenapa masih tetap berkiprah dalam khazanah media online jagat dunia maya sampai sekarang?

Jawabnya sederhana, Cinta! 

Kehadiran Matra Pendidikan di jagat dunia bukan semata karena mengejar uang! Kecintaan terhadap website pendidikan ini sudah terbangun sejak awal.

Menulis adalah bagian hobi admin Matra Pendidikan. Maka tidaklah mengherankan, dalam situasi rumit sekali pun, pengunjung akan dapat menjumpai postingan terbaru secara konsisten dan kontinyu.

Prinsip konsistensi yang dianut menyebabkan situs web pribadi ini tetap berkiprah melintas belantara dunia maya. Kini, website yang sedang Anda kunjungi ini genap berumur 11 tahun.

Happy Anniversary Matra Pendidikan! (18 Februari 2013 - 18 Februari 2024).***