Pengembangan Sifat Positif Melalui Kegiatan Pembiasaan

Pengembangan sifat positif melalui kegiatan pembiasaan - Sifat dan watak merupakan karakter yang tercermin melalui perilaku yang melekat pada setiap pribadi. Sifat dan watak merupakan adalah dua hal yang berbeda. Sifat adalah perilaku yang ada pada setiap pribadi dan dipengaruhi banyak faktor, seperti lingkungan sosial budaya dan alam.

Sifat positif dibentuk melalui pembiasaan (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Watak merupakan karakter dan perilaku batin setiap pribadi yang sudah ada sejak lahir. Sehingga watak boleh dikatakan perilaku bawaan dasar dari keturunan.

Watak dibentuk dari pengalaman hidup sendiri sehingga mempengaruhi cara pandang batin dan pikiran seseorang sehingga sulit diubah.

Demikian intisari ulasan Wirda Nengsih SPd dalam kegiatan muhadharah siswa SMPN 2 Lintau Buo di halaman sekolah setempat, Jumat (16/02/24).

"Sifat seseorang dapat diubah melalui banyak hal dan salahsatunya adalah pembiasaan di lingkungan sekolah maupun di rumahtangga. Namun watak bersifat permanen dan sulit diubah," sampai wali kelas 8.C tersebut.

Dalam kegiatan muhadharah rutin tersebut ada dua tema yang diungkapkan melalui ceramah siswa putra dan putri. Tema yang diusung adalah bersyukur atas nikmat Allah dan Memuliakan Guru.

Menurut Wirda Nengsih SPd muhadharah termasuk salah satu kegiatan yang mampu mengembangkan karakter positif bagi diri siswa.

Oleh sebab itu berharap agar siswa berusaha untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Wali kelas 8.C itu juga menekankan pentingnya keseriusan dan tanggung jawab setiap kelas untuk menjadi pelaksana kegiatan rutin di sekolah, termasuk muhadharah.***