Lomba Praktek Shalat Jenazah Akhiri Pesantren Ramadhan 1444 H di SMPN 2 Lintau Buo

Lomba praktek shalat jenazah akhiri pesantren ramadhan 1444 h di smpn 2 lintau buo – Hari terakhir kegiatan Tri Lomba Pesantren Ramadhan 1444 H di SMPN 2 Lintau Buo Kab Tanah Datar diisi dengan Lomba Praktek Shalat Jenazah, Rabu (5/4/23).

Lomba Praktek Shalat Jenazah (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd menutup kegiatan Tri Lomba Pesantren Ramadhan 1444 H usai Lomba Praktek Shalat Jenazah.

“Lomba Praktek Shalat Jenazah yang kita selenggarakan ini sangat penting artinya bagi ananda semua terutama siswa laki-laki,” sebut kepala sekolah.

Selain menjadi imam ketika orangtua meninggal lanjut kepala sekolah, juga diharapkan untuk menjadi imam shalat jenazah di sekitar tempat tinggal siswa.

Syafrida SPd kembali mengingatkan bahwa lomba praktek shalat jenazah ini merupakan praktek dari ilmu yang didapat selama pesantren ramadhan di SMPN 2 Lintau Buo.

“Nah, ilmu yang didapat selama pesantren ramadhan 1444 H selama dua minggu ini akan dievaluasi kembali pada hari Senin mendatang, 17 April 2023.” timpal kepala sekolah.

Pada hari tersebut sisws kelas 7 dan 8 akan mengikuti tes tentang materi belajar pada pesantren ramadhan 1444 H.

Lomba praktek shalat jenazah 

Secara keseluruhan ada 7 rukun shalat jenazah, yang dimulai dengan Niat, takbiratul ikhram, membaca al Fatihah, takbir kedua membaca sholawat nabi, membaca doa untuk mayat, membaca doa untuk keluarga dan diakhiri dengan salam.

Juri menjelaskan kriteria penilaian lomba (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Penyelenggaraan terhadap jenazah ada 4 kewajiban bagi umat muslim yaitu memandikan mayat, mengafani mayat, Menyolatkan mayat dan menguburkan mayat.

Dewan juri lomba masing-masing Isral SPd, Hasan Basri SPd dan Hadi Rahim. Penilaian terhadap lomba praktek shalat jenazah ini, seperti dijelaskan Isral SPd dalam bentuk sangat sederhana.

“Sempurna, kurang sempura dan tidak dikerjakan,” sebut anggota dewan juri itu.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa shalat jenazah terdiri 4 takbir. Takbir pertama, setelah niat shalat jenazah.

Setelah itu dilanjutkan dengan Takbir kedua membaca Al Fatihah, takbir ketiga membaca shalawat nabi. 

Setelah takbir keempat membaca doa untuk jenazah dan diakhiri dengan salam je kanan dan ke kiri.***