Seberapa Penting Relationship di Dunia Perkuliahan?

Seberapa penting relationship di dunia perkuliahan? - Bagi sebagian orang, belajar adalah waktu yang tak terlupakan. Tempat memulai hidup baru sebagai mahasiswa untuk menimba ilmu di universitas impian dan bekerja keras untuk masa depan yang cerah.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Tidak seperti SMA, kamu memiliki waktu dan kebebasan untuk menjelajahi banyak hal di dalam dan di luar kampus. Kamu juga akan menghadapi berbagai masalah dan masalah yang belum pernah kamu alami sebelumnya. Salah satunya adalah masalah hubungan percintaan. 

Memang benar bahwa hubungan percintaan tidak hanya terbentuk selama di dunia perkuliahan, tetapi tidak sedikit mahasiswa yang ingin mencari pasangan dan merasakan asmara di perguruan tinggi.

Dan kamu mungkin tertarik pada seseorang dan ingin menjalin hubungan dengan orang tersebut.

Namun pada kenyataannya, dengan semua jadwal yang semakin padat, dengan tugas dan ujian yang menumpuk, beberapa mahasiswa menganggap percintaan tidak begitu penting dan memilih untuk hanya fokus pada studi mereka.

Mempunyai hubungan percintaan itu adalah pilihan pribadi, dan tidak ada kewajiban punya pacar atau tidak selama perkuliahan.

Berpacaran dapat membuat kamu lebih bersemangat menjalani aktivitas. Karena, kamu akan selalu memiliki seseorang di sisi kamu dan menemani kamu selama masa belajar ini.

Namun, jika dilakukan dengan hal–hal yang buruk, hubungan percintaan dapat menjadi bumerang bagi kamu dan pasangan.

Kuliah sambil pacaran memang bukan hal yang mudah. Butuh komitmen dan kepercayaan satu sama lain agar kuliah dan hubungan tidak saling mengganggu.

Jika kamu terlalu fokus pada studi dan mengabaikan pasangan, hubungan kamu dengan pasangan tidak berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika kamu mengabaikan kuliah dengan lebih fokus pada pasangan kamu, kuliah bisa berantakan.

Tidak sedikit mahasiswa yang kuliahnya berantakan karena hubungan asmara terlalu rumit dan merepotkan. Ini berarti bahwa hubungan yang mereka jalani tidak dikelola dengan baik dan benar.

Disisi lain ada beberapa alasan mengapa menjalin hubungan asmara di perguruan tinggi sangat menyenangkan dan ada sisi positifnya,adalah sebagai berikut :

1.Saling mendukung dan saling membantu

Kuliah sambil pacaran pasti bisa berhasil kalau kamu dan pasangan bisa saling mendukung dan saling membantu dalam segala hal.

Kamu dan pasangan mungkin punya ambisi dan impian yang berbeda. setiap langkah untuk mewujudkan impian kita dan membantu terus tumbuh berkembang agar impian kita tercapai.

Kamu mungkin juga memiliki motivasi bawah sadar untuk terus tumbuh untuk mencapai impian kamu.

Setiap kali pasangan kamu menghadapi masalah, jangan ragu untuk membantu mereka. Ini nantinya akan berlaku sebaliknya. Pasangan kamu tidak akan ragu untuk membantu kamu jika Anda menghadapi masalah.

2.Semangat kuliah

Tentu saja, kamu menantikan lebih banyak di kampus. Bukan hanya karena ingin belajar, tetapi juga karena kamu ingin bertemu dengan orang-orang yang kamu cintai.

Tidak hanya itu, memiliki pasangan di perguruan tinggi dapat menghabiskan banyak waktu Bersama,jika pasangan kalian satu universitas.

3.Bertukar pengalaman

Kamu dapat berbagi pengalaman dengan pasangan kamu. Dari sudut pandang organisasi dan pendidikan.

Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi diri sendiri. Hal ini karena dapat menambah pengetahuan . Tidak hanya itu, kamu juga dapat menambah pengalaman dengan membagikannya kepada pasangan. Ini adalah cara untuk memahami banyak hal. 

4.Dapat mengatur waktu dengan baik

Manajemen waktu pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting yang dapat diterapkan kapan saja dan dimana saja, bahkan jika kamu memutuskan untuk kuliah sambil berpacaran.

Itu harus diatur sebaik mungkin. Agar perkuliahan mu tidak berantakan.

5.Study date

Yap, ini membantu kita untuk lebih mengenal satu sama lain dan menjadi lebih produktif. Karena kita bekerja untuk satu sama lain.

Jika kamu tidak terlalu mengerti tentang materi tersebut, kamu dapat mendiskusikannya dengan pasangan kamu.

So, study date ini tidak membuat kamu bosan, melainkan menyenangkan dan seru jika dilakukan bersama pasangan.

Jadi, penting atau tidaknya relationship di dunia perkuliahan itu tergantung kalau kamu bisa menempatkan fokus antara kuliah dan pacaran di porsi yang tepat, kuliah sambil pacaran bukanlah suatu masalah yang perlu kamu khawatirkan.

Pacaran bisa jadi penyemangatmu kalau kamu lagi jenuh dengan perkuliahan.*** (Oleh : Aisyah Citra Rahmayani, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret).