Lika Liku Anak Kost

Lika liku anak kost - Sebagai anak kost pasti kita membayangkan bahwa ngekost itu menyenangkan dan mudah. Tapi ternyata banyak lika liku permasalahan  yang harus di hadapi oleh anak kost apalagi untuk kita yang baru mulai ngekost.

Ilustrasi gambar (freepick.com)

Berikut adalah beberapa hal dan solusi yang pernah aku alami dan mungkin teman teman alami juga nih.

Kehilangan kunci kost 

Kehilangan kunci kos adalah drama yang paling sering terjadi di kalangan mahasiswa. Entah karena lupa menaruh, ketinggalan atau kelupaan mencabutnya saat hendak bepergian dan banyak alasan lainya.

Tentunya kehilangan kunci kos adalah hal yang saat merepotkan apalagi untuk para mahasiswa.

Memasang gantungan kunci merupakan satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kunci kost hilang.

Lebih baik jika kita memberi gantungan kunci “glow in the dark“ agar kita mudah melihat saat mencarinya. 

Selain itu membuat tempat khusus untuk meletakan kunci juga sangat mempermudah kita saat mencari kunci.

Jadi kita tidak akan lupa menaruh kunci dimana. Tempat khusus ini bisa diletakan di tempat yang aksesibilitas atau bisa didekat lemari baju. 

Token listrik habis 

Karena sibuk dengan kegiatan perkuliahan terkadang mahasiswa sering tidak mengecek token listrik.

Banyak mahasiswa yang sering kehabisan token pada saat malam hari. Membeli token listrik pada saat malam hari sangatlah sulit, karena banyak toko yang sudah tutup. 

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa membeli token melalui ATM bank atau pergi ke minimarket yang buka 24 jam.

Namun akan berbahaya jika kita pergi keluar terlalu malam. Solusi lainya adalah dengan membeli token secara online seperti tokopedia, gojek, shopee atau lainya.

Hal yang perlu teman teman ketahui sesuai dengan ketentuan PLN, setiap hari pada pukul 23.00-01.00 WIB pelanggan tidak dapat dilakukan pembelian token listrik PLN. Maka anda bisa membeli pada jam 01.00 keatas atau sebelum jam 23.00 wib.

Bosan

Salah satu masalah yang sering menimpa anak kost adalah rasa bosan. Apalagi jika sudah tiba saatnya weekend atau hari libur.

Biasanya kita pergi ke Cafe atau hang-out bersama teman untuk mengatasi bosan. Namun hal tersebut membuat dompet terkuras apalagi jika sedang tanggal tua.

Kita dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membersihkan atau menata ulang kamar. Selain itu kita juga dapat melakukan hobi kita seperti menonton film, membaca novel, atau menulis blog.

Tetangga berisik 

hidup bersama teman kost menyenangkan karena ada kalanya mereka membuat kebisingan bahkan di tengah malam ketika kamu akan tidur. Tentunya hal tersebut membuat kamu merasa sangat tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menegurnya secara langsung dengan bahasa yang sopan.

Selain itu kita juga bisa melaporkan hal tersebut kepada pemilik kos jika kebisingan terus berlanjut. Jika kamu malu menegur temanmu kamu bisa mengatasinya dengan membuat kamarmu menjadi kamar kedap suara.

Home-sick 

Tantangan sebagai anak kost tidak hanya sebatas sukses menyelesaikan studi saja, tetapi juga tantangan bertahan hidup.

Tak jarang kita merindukan rumah. Karena biasanya di rumah segala sesuatu yang kita butuhkan sudah tersedia berbeda dengan hidup di perantauan.

Menyibukkan diri menjadi salah satu solusi jika kita sedang merasa home-sick.

Selain itu kita bisa mencari teman baru, dengan mempunyai teman baru kita memiliki orang yang dapat diandalkan saat kita butuh bantuan.*** (Oleh : Ummu Zaidatul Muyasarah, Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Sebelas Maret).