Bupati Tanah Datar Launching Program Tabur Berkah dan Kasi Bunga

Bupati tanah datar 'launching' tabur berkah dan kasi bunga – Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM me-launching 2 inovasi Kecamatan Lintau Buo yang digagas Camat Lintau Buo Afrizal SE hari ini, Selasa (11/10/22).

Kedua program inovasi dimaksud adalah Tabur Berkah (Lintau Buo Sejahtera Bersama Infak dan Sedekah) dan Kasi Bunga (Gerakan Siswa Menabung Sampah).

Acara peluncuran program inovasi Kecamatan Lintau Buo diselenggarakan di Aula SMKN 1 Lintau Buo Tigo Jangko.

Sebelum meluncurkan secara resmi program "Tabur Berkah" dan "Kasi Bunga", bupati Tanah Datar Eka Putra SE,MM berpesan agar program inovasi ini didukung oleh semua elemen masyarakat.

“Program inovasi kecamatan Lintau Buo ini sejalan dengan Program Unggulan Tanah Datar yaitu memajukan UMKM disamping bajak gratis, asuransi hasil tani, satu nagari satu even dan lainnya. 

Oleh sebab itu mari kita dukung program inovasi kecamatan ini oleh semua elemen masyarakat di Kecamatan Lintau Buo,” pesan Eka Putra SE,MM.

Usai launching 'Tabur Berkah' oleh Bupati Tanah Datar dilanjutkan dengan penyerahan kotak amal secara simbolis kepada perwakilan lembaga/instansi di Kecamatan Lintau Buo.

Silaturrahmi masyarakat kecamatan lintau buo

Acara yang dikemas dengan tajuk silaturrahmi masyarakat Kecamatan Lintau Buo juga dihadiri oleh Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul SE, Kepala Dinas Perkim dan LH Ir. Nofi Hendri MT, Kepala Kantor Kemenag diwakili Ali Nardius. 

Kemudian Direktur Bank Malibu Fiki, tokoh masyarakat H. Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo dan Rusman Yunus.

Selain itu juga nampak hadir Forkopimca Lintau Buo, Kua Lintau Buo Asri SAg, Wali Nagari se-Kec Lintau Buo, Kepala Instansi/lembaga pendidikan serta para guru dan tenaga kependidikan se-Kec. Lintau Buo, anggota PKK dan Darma wanita, kelompok Dasawisma serta para undangan lainnya.

Tabur berkah dan kasi bunga

Camat Lintau Buo Afrizal SE dalam sambutanya memaparkan perihal program inovasi kecamatan Lintau Buo.

Dalam paparan ringkasnya, Afrizal SE telah mensosialisasikan program Tabur Berkah sejak beberapa bulan sebelumnya.

“Potensi sedekah dan infak sangat besar di Kecamatan Lintau Buo ini. Oleh sebab itu program Tabur Berkah banyak manfaat dan kelebihannya.” ujar camat yang lazim disapa 'Ayah Sutan Bagindo' ini.

Lebih jauh camat Lintau Buo mengkalkulasikan hitung-hitungan infak dan sedekah berdasarkan jumlah penduduk lebih kurang 20 ribu jiwa.

Manfaat Tabur Berkah antara lain untuk menghindari keterkaitan masyarakat dengan rentenir. 

Selain itu, kata ‘Ayah’, melalui Tabur Berkah akan dikembangkan lapangan kerja baru melalui upaya pengembangan UMKM.

Untuk itu perlu inventarisir tenaga kerja dari generasi muda untuk diberikan bimbingan dan pelatihan.

Program Tabur Berkah ini bekerja sama dengan Bank Malibu yang akan menyalurkan infak dan sedekah bagi yang menerimanya.

Berkaitan dengan program Kasi Bunga, Afrizal SE memaparkan ketertarikannya dengan sampah produksi rumah tangga di Lintau Buo.

“Seribu lima ratus kepala keluarga di Kecamatan Lintau Buo menghasilkan sampah sekurang-kurangnya 1500 kantong kresek.” tutur camat.

Program ini sejalan dengan gerakan siswa menabung sampah di lembaga sekolah.

Sebagian sampah akan didaur ulang, diolah menjadi barang yang dapat digunakan lagi serta pembuatan pupuk kompos.

Jefri masrul dukung penuh inovasi kecamatan 

Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul SE sangat mengapresiasi gagasan camat Lintau Buo dalam membangun ekonomi masyarakat di Kecamatan Lintau Buo.

“Inovasi bapak camat kecamatan Lintau Buo ini mari kita dukung sepenuhnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Jefri Masrul SE. 

Meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan UMKM, menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda dan menjauhkan keterkaitan dengan rentenir.***