SMPN 2 Lintau Buo Sambut Tahun Baru Islam 1444 H Dengan Lomba Karaoke

SMPN 2 lintau buo sambut tahun baru islam 1444 h dengan lomba karaoke religius – Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 H bertepatan dengan 30 Juli 2022 pada hari Sabtu. Hari tersebut dinyatakan sebagai Hari Libur Nasional (HLN) Tahun 2022 dalam Kalender Nasional.

Di sekolah, kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Tahun Baru Hijriyah dapat dilaksanakan sesudah maupun sebelumnya. Hal itu tergantung pada situasi dan kondisi sekolah.

Di SMPN 2 Lintau Buo Kab. Tanah Datar Sumbar misalnya. Kegiatan yang sudah diprogramkan dalam Kalender Pendidikan sekolah berkaitan dengan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram diselenggarakan Kamis, (28/7/22).

Salah satu bentuk kegiatan dalam rangka Tahun Baru Islam itu adalah Lomba Karaoke Antar Kelas.

Peserta lomba sebanyak 18 siswa dimana setiap kelas mengirim utusan 1 putra dan 1 putri di bawah asuhan wali kelas.

Peserta lomba membawakan lagu bernuansa Islami. Tema yang diusung dalam lomba tersebut; 

Melalui Lomba Karaoke Religius Kita Tingkatkan Ibadah dan Akhlak Budi Pekerti.

Lomba karaoke antar kelas tersebut digelar pada pentas sederhana di depan kantor majelis guru.

Lomba dalam rangka PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) digelar oleh Osis SMPN 2 Lintau Buo.

Difasilitasi oleh pembina Osis Isral SPd, guru mata pelajaran PAI Rocestry MPd dan guru mata pelajaran Seni Elfianti SSn dengan Koordinator Waka Kesiswaan Edy Samsul.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd selaku Penanggung jawab kegiatan dalam sambutan pembukaan lomba mengingatkan kembali para siswa untuk muhasabah diri.

“Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram hendaknya menjadi wahana untuk muhasabah diri sehingga mendorong siswa memperbanyak ibadah, zikir dan memperbaiki akhlak dan budi pekerti,” ujar kepala sekolah.

Lebih jauh Syafrida SPd menyinggung tujuan pelaksanaan lomba karaoke religius.

“Lomba Karaoke Lagu religius menjadi kesempatan untuk berani tampil di depan orang banyak serta menghayati pesan dan hikmah lagu religius,” tandas kepala SMPN 2 Lintau Buo.

Dewan juri lomba karaoke lagu religius ini adalah Elfianti SSn, Arlis Anwar SPd dan Suci Indriani SPd.

Ketua Dewan Juri Elfianti SSn saat menjelaskan kriteria penilaian juga mengungkapkan lomba karaoke religius ini sekaligus menjaring bibit untuk diikutkan pada lomba sejenis di tingkat Kabupaten Tanah Datar.***