Shalat Idul Adha 1443 H di Masjid Nurul Iman Hari Ini

Shalat idul adha 1443 h di masjid nurul iman hari ini – Masyarakat Jorong Rajawali Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo melaksanakan shalat Idul Adha 1443 H di Masjid Nurul Iman hari ini, Minggu (10/7/22).

Bertindak sebagai imam dan khatib shalat Idul Adha adalah Ustadz Jafrizal SPd.I dari Pondok Pesantren Darul Ulum Nagari Tigo Jangko.

Di awal khutbah Ustadz Jafrizal mengingatkan kembali jamaah shalat untuk menyikapi dengan baik perbedaan waktu pelaksanaan shalat Idul Adha 1443 H.

“Kita umat muslim tidak perlu memperdebatkan perbedaan itu namun perlu untuk tidak saling menyalahkan. Semuanya sudah sesuai menurut dalil Al Qur’an dan Hadist serta perhitungannya menurut hilal,” 

Pada bagian lain khatib memaparkan hikmah kurban sesuai peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim As, Ismail As dan Siti Hajjar.

Iman dan takwa kepada Allah SWT menjadi landasan kuat bagi umat muslim dalam menjalani kesulitan dalam kehidupan sebagaimana dialami oleh Nabi Ibrahim As bersama istri Siti Hajjar dan anak Ismail As.

Sehubungan dengan ibadah kurban, khatib menegaskan bahwa Allah SWT tidak membutuhkan daging, tulang dan darah hewan yang disembelih.

Nilai ibadah kurban di sisi Allah SWT adalah keikhlasan dan iman dari hamba-Nya yang telah berkurban.

Pada Hari Raya Idul Adha 1443 H ini hewan kurban yang disembelih berjumlah 3 ekor sapi.

Sementara itu info yang diperoleh, selain Masjid Nurul Iman juga Masjid Al-Mukarramah, Masjid Al-Muttaqin dan Masjid Darul Amal di Nagari Tigo Jangko juga melaksanakan shalat Idul Adha 1443 H pada hari ini. ***