Shalat Idul Adha 1443 H dan Awal Sekolah

Shalat idul Adha 1443 h dan awal sekolah – Hari Raya Idul Adha tahun 2022 ini cukup istimewa. Dirayakan pada hari dan tanggal Masehi yang berbeda, seperti di beberapa nagari di Kecamatan Lintau Buo dan kecamatan lainnya di Kab. Tanah Datar, Sumbar.

Jika dihubungkan dengan Kalender Pendidikan Nasional, penyesuaian hari pertama sekolah pun dilakukan oleh pemerintah daerah. 

Hari pertama sekolah dan pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Bagi Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022/2023, diundur sehari.

Sholat idul adha

Hari Raya Idul Adha ditandai dengan pelaksanaan Shalat berjamaah dan penyembelihan hewan kurban.

Shalat Idul Adha dilaksanakan 2 rakaat secara berjamaah pada pagi hari sebelum zuhur dan diikuti oleh khutbah sesudahnya.

Shalat Idul Adha, termasuk Idul Fitri, tidak didahului oleh azan maupun Iqamah.

Meskipun tidak wajib hukumnya namun sangat dianjurkan (sunah muakkadah) karena akan mendapatkan berkah dan pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

Sebelum shalat Idul Adha juga dianjurkan untuk memperbanyak bacaan takbir, tahmid dan tasbih.

Syarat shalat dan sahnya shalat serta rukun shalat hampir sama dengan shalat lainnya. Hanya saja teknis pelaksanaannya berbeda. 

Misalnya rakaat pertama, takbir zawaid sebanyak 7 kali sedangkan rakaat kedua sebanyak 5 kali. 

Rakaat pertama diawali dengan niat shalat Idul Adha, takbiratul ihram, takbir zawaid (7 kali), membaca Surat Al-fatihah dan surat lainnya.

Kemudian rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud dan sujud kedua lalu bangkit dari sujud.

Rakaat kedua ini membaca takbir zawaid sebanyak 5 kali. Kemudian rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, duduk tasyahud dan diakhiri dengan salam.

Awal sekolah 

Awal sekolah menurut Kalender Pendidikan dimulai Senin, 11 Juli 2022. Kemudian diundur menjadi Selasa, 12 Juli 2022. 

Dengan demikian MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Bagi Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022/2023 akan berlangsung dari Selasa sd Kamis (12 sd 14 Juli 2022).

Mengapa diundur? Hal ini untuk penyesuaian kalender pendidikan sekolah dengan Hari Raya Idul Adha 1443 H masyarakat di sekitarnya.

Info yang diperoleh dari sumber lingkungan terdekat, di Nagari Pangian dan Buo, masyarakat melaksanakan sholat Idul Adha Sabtu, 9 Juli 2022 Masehi.

Sementara di Nagari Tigo Jangko, masyarakat akan melaksanakan Hari Raya Idul Adha pada hari Minggu, 10 Juli 2022 Masehi.

Masyarakat Nagari Taluk akan melaksanakan sholat Idul Adha pada hari Senin, 11 Juli 2022 Masehi.

Hal tersebut dapat dipahami karena tradisi suatu nagari akan menjadi kearifan lokal dalam ranah (matra) pendidikan.

Seperi diketahui, di Kecamatan Lintau Buo terdapat 2 Sekolah Menengah Umum, masing-masing SMAN 2 Lintau Buo dan SMKN 1 Lintau Buo. 

Sekolah Menengah Tingkat Pertama ada 3 yaitu SMPN 1 Lintau Buo di Pangian, SMPN 2 Lintau Buo di Tigo Jangko dan SMPN 3 Lintau Buo di Tigo Jangko.

Selain itu juga terdapat Pondok Pesantren Darul Ulum Tigo Jangko, Pondok Pesantren Bustanul Muhaqiqien Taluak dan MTsN 9 Tanah Datar Pangian.

Selain itu terdapat puluhan sekolah jenjang pendidikan dasar di Kecamatan Lintau Buo.***