Kesiapan Menghadapi Pembelajaran di Minggu Efektif Semester Ganjil TP 2022-2023

Kesiapan menghadapi pembelajaran di minggu efektif semester ganjil tp 2022/2023 - Minggu pertama sudah dilewati dan akan berlanjut minggu kedua dalam Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Siswa, orangtua/wali murid dan guru perlu mengecek kembali kesiapan menghadapi pembelajaran pada minggu-minggu efektif berikutnya.

Siswa baru sudah menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau disingkat MPLS. Diharapkan siswa baru benar-benar telah mengenali dan memahami seluk-beluk sekolah barunya.

Mulai dari Wawasan Wiyata Mandala, tata tertib sekolah, tata krama pergaulan, program dan cara belajar efektif sampai kegiatan Osis dan ekstrakurikuler lainnya.

Apa yang diperoleh siswa selama minggu pertama di sekolah menjadi pedoman bagi orangtua/wali murid. Terutama pedoman dalam menyiapkan segala perlengkapan sekolah maupun peralatan lainnya yang dibutuhkan anak.

Pakaian seragam sekolah anak sudah diketahui sejak PPDB, begitu pula biaya seragam yang perlu dikeluarkan oleh orangtua/wali murid.

Bagi siswa kelas 8 dan 9 maupun 11 dan 12 (SMA/SMK) juga sudah mendaftar ulang. Selain itu mengetahui seluk-beluk di sekolah.

Minggu kedua semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 diperkirakan akan memulai pembelajaran secara efektif. 

Siswa harus memulai minggu kedua itu dengan belajar sungguh-sungguh. Sikap dan cara belajar siswa mengawali semester ganjil ini akan menentukan proses dan hasil belajar pada minggu-minggu berikutnya.

Di pihak guru, minggu pertama juga menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan segala keperluan dan perangkat mengajar.

Guru sudah mengetahui tugas pokok dan tugas tambahan di semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Segala program berkaitan dengan tugas pokok dan tugas tambahan sudah disiapkan.

Siswa, orangtua/wali murid dan guru diharapkan sudah siap memasuki minggu kedua dan minggu-minggu selanjutnya.

Pembelajaran akan berjalan lancar. Siswa sebagai objek sekaligus subjek pendidikan akan menunjukkan hasil belajar optimal.***