4 Tips Merawat Mobiler Kelas

4 Tips merawat mobiler kelas -  Mobiler kelas secara rinci dapat ditemukan oleh siswa dalam daftar inventaris barang yang ditempel pada dinding kelas. Ada lemari kelas, meja dan kursi guru, papan tulis, papan absensi siswa dan ada pula meja dan kursi siswa.

Mobiler kelas yang berkaitan dengan siswa secara langsung adalah meja belajar dan kursi tempat duduk. Pada umumnya meja dan kursi siswa terbuat dari kayu. Sering unit mobiler ini mengalami kerusakan sehingga tidak layak pakai.

Penggantian segera dilakukan apabila sudah patut diperbaiki melalui mata anggaran di sekolah seperti dana BOS dan sumbangan orangtua murid melalui komite sekolah.

Penyebab kerusakan unit meja dan kursi sering disebabkan kurangnya perhatian siswa untuk merawatnya. Ada pula siswa yang merasa tak perlu merawat karena apabila mobiler ini rusak akan diganti melalui dana dari pemerintah.

Berikut 4 tips penting agar mobiler kelas terawat dengan baik dan bertahan lama:

1.Menanamkan kesadaran pada siswa

Poin ini wajib ditanamkan pada siswa sejak awal. Namun kenyataannya kadang-kadang penanaman kesadaran semata belumlah efektif tanpa penjelasan apa manfaatnya merawat meja dan kursi, bagaimana resikonya jika mobiler sering mengalami kerusakan dan penggantian.

2.Pengawasan oleh guru

Pengawasan oleh guru dapat dilakukan ketika pembelajaran berlangsung. Jika ada gelagat siswa yang mengancam keselamatan meja dan kursi, seperti menarik atau mendorong dengan kasar, membanting kursi, dan lain sebagainya. 

Maka guru mata pelajaran pun dapat memberi teguran maupun nasihat.

Bagaimana ketika jam istirahat berlangsung? Saat ini tidak seorang guru pun yang berada di dalam kelas. Siswa  yang tidak memanfaatkan jam istirahat akan berada di dalam kelas. Pengawasan pada jam istirahat dilakukan oleh guru wali kelas.

Ini bukan berarti wali kelas harus berada di kelas pada waktu jam istirahat. Para wali kelas dapat mendelegasikan tugasnya pada ketua kelas atau pengurus kelas lainnya.

3.Memberi label meja dan kursi

Memberi label meja dan kursi dengan nama siswa yang menggunakannya termasuk cara ampuh untuk merawat mobiler kelas. Dengan label tersebut, setiap siswa merasa bertanggungjawab atas keselamatan meja dan kursinya masing-masing.

4.Kursi dinaikkan ke atas meja

Ketika jam belajar di sekolah berakhir, siswa harus menaikkan kursi ke atas masing-masing. Ketika petugas piket kelas bertugas keesokkan harinya, meja dan kursi tak perlu ditarik atau didorong saat menyamu ruangan kelas.

Demikianlah 4 tips perawatan mobiler kelas, terutama meja dan kursi siswa. Mudah-mudahan dengan menerapkan tips tersebut mobiler kelas tetap layak pakai dan bertahan lama.***