Persiapan Siswa di Sekolah Baru (Bagian- 3)

Persiapan siswa di sekolah baru (Bagian- 3) -
Persiapan menjadi kunci sukses seseorang dalam menjalani aktivitas. Begitu pula aktivitas belajar, terutama di lingkungan sekolah baru.

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.id)

Siswa perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk belajar dengan baik di sekolah yang baru.

Mumpung masih suasana libur. Kesempatan untuk mempersiapkan diri siswa secara fisik dan mental untuk menduduki sekolah yang baru masih panjang.

Ini merupakan postingan terakhir dari 3 seri pembahasan persiapan siswa di sekolah yang baru. Jika anda belum sempat membaca pembahasan tersebut coba simak berikut ini:


Untuk melengkapi artikel sebelumnya, siswa dibekali dengan beberapa poin penting sebagai tips persiapan siswa.

Coba ikuti poin berikut ini.

1.Rubah kebiasaan lama

Merubah kebiasaan memang sulit dilakukan. Namun harus dilakukan dan dibiasakan agar tidak merugikan siswa di sekolah yang baru.

Segera tinggalkan kebiasaan lama siswa di sekolah sebelumnya.

Toh, saat ini siswa sudah berada di sekolah yang lebih tinggi tingkatannya. Semakin tinggi tingkatan sekolah semakin bagus kebiasaan-kebiasaan belajar maupun sikap dan tingkah lakunya.

2.Kenali lingkungan sekolah yang baru

Ya, pada minggu pertama di awal tahun pelajaran, siswa akan melaksanakan yang namanya MOS (masa orientasi siswa).

Ikuti dengan baik rangkaian program MOS sehingga benar-benar bermanfaat bagi siswa.

3.Persiapan perlengkapan belajar

Banyak perlengkapan belajar yang harus disiapkan oleh siswa. Di antaranya; alat tulis (buku catatan pelajaran, pena, penghapus, mistar, dll), tas sekolah, seragam harian siswa (baju, celana/rok, dasi, jilbab dan topi).

4.Buat siswa yang harus kost di sekitar sekolah

Jika siswa tidak mungkin untuk pergi dan pulang sekolah tiap hari dari rumah orangtua tentunya harus memilih tempat kost. Sebelum hari pertama sekolah, siswa sudah menentukan tempat kost bersama orangtua.

Demikian 4 tips ringan sebagai persiapan siswa, sekaligus sebagai penutup seri persiapan siswa di sekolah baru. Terima kasih.