Mengenal Sekolah Melalui Kegiatan MOS

Mengenal sekolah melalui kegiatan MOS - Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah waktu yang digunakan oleh siswa baru untuk mengenal sekolah dan lingkungan belajar yang baru. MOS ini biasanya diadakan selama 3 hari berturut-turut. Selama itu siswa baru diperkenalkan tentang sekolah, cara belajar yang baik, disiplin sekolah, dan lain sebagainya.

Jika kegiatan MOS dilaksanakan dengan baik maka siswa baru akan dapat beradaptasi dengan sekolah barunya sehingga siap untuk memulai kegiatan belajar di sekolah itu.

Ini menjadi langkah awal yang baik bagi siswa untuk meraih prestasi belajar yang optimal di sekolah. 

Baca juga: Manfaat Kegiatan Mos Bagi Siswa Baru
Pelaksanaan MOS yang baik di sekolah tidaklah mengarah pada perpeloncoan. Sebaliknya dilaksanakan dengan sederhana, mudah dan meriah, sehingga menimbulkan kegairahan bagi siswa baru untuk memulai belajar di sekolah. 

Merangsang gairah siswa untuk belajar dengan baik, inilah sesungguhnya inti dari kegiatan MOS di sekolah. 

Simak juga: Kegiatan MOS Awal Sekolah
Kegiatan MOS di sekolah biasanya diakhiri dengan pemilihan King dan Quin bagi peserta MOS. Pemilihan ini dilakukan oleh panitia MOS yang terdiri dari anggota OSIS dan guru. 

Mereka yang terpilih diharapkan menjadi inspirator bagi siswa di skeolah untuk meningkatkan hasil belajar yang baik. Tidak hanya itu, mereka terpilih juga menjadi contoh dan teladan bagi siswa lain dalam pergaulan sosial di sekolah.***