Sarapan Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa

Sarapan tingkatkan prestasi belajar siswa – Usia sekolah merupakan masa yang banyak membutuhkan energi untuk aktivitas fisik dan psikis seorang siswa. Kekurangan energi tubuh berarti kehilangan kesempatan untuk melakukan aktivitas belajar secara optimal. Hal ini akan berdampak terhadap hasil belajar yang dicapai oleh siswa.

Siswa yang terpenuhi kebutuhan energi untuk melakukan aktivitas belajarnya, berpeluang besar meraih prestasi belajar di sekolah secara optimal. Siswa yang terbiasa sarapan sebelum berangkat sekolah cenderung belajar lebih baik karena kebutuhan energi pisik dan otak terpenuhi dengan baik. 

Dalam pembahasan ini akan diuraikan apa itu sarapan, mengapa siswa perlu sarapan dan apa manfaat sarapan.

Apa itu sarapan?

Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada waktu pagi sebelum melakukan aktivitas. Bagi siswa, biasanya sarapan dilakukan di rumah, sebelum berangkat sekolah atau sebelum memulai aktivitas belajar di sekolah.

Sarapan hendaknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang. Porsi sarapan tidak melebihi sepertiga dari porsi makanan sehari-hari. Atau memiliki kandungan gizi 15 -30 % kebutuhan gizi harian. 

Bahan sarapan hendaknya tidak memberatkan kerja sistem pencernaan dalam tubuh.  Bahan yang ringan untuk pencernaan biasanya berupa makanan dengan kadar serat tinggi, protein yang cukup, namun kadar lemaknya rendah.

Mengapa siswa perlu sarapan?

Ketika bangun pagi,  sesungguhnya siswa baru melaksanakan puasa. Ketika tidur siswa tidak mengkonsumsi apapun namun energinya tetap dibutuhkan ketika tidur. Oleh sebab itu sarapan adalah makanan pertama siswa setelah bangun dari tidur. 

Makanan ini berfungsi untuk memasok energi tubuh untuk melakukan aktivitas belajar di sekolah. Itu sebabnya mengapa sarapan itu sangat penting bagi siswa. 
Selanjutnya simak: Pentingnya Sarapan Pagi

Apa fungsi sarapan bagi siswa?

Secara umum, sarapan bagi siswa berfungsi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa yang terbiasa sarapan akan dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik. Fungsi sarapan lainnya adalah :

  • Sarapan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi otak sehingga dikatakan sarapan itu makanan khusus untuk otak. Nutrisi otak yang cukup akan meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Ditandai dengan kemampuan mengingat (daya ingat) yang lebih baik.
  • Sarapan dapat menjaga stamina siswa. Kondisi tubuh yang bugar dan sehat memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik. Mampu berkonsentrasi dan memusatkan perhatian dalam mengikuti pelajaran. 
  • Sarapan meningkatkan semangat belajar siswa. Dengan semangat yang tinggi akan menghindari siswa dari rasa ngantuk selama belajar.
  • Sarapan mencegah penyakit. Siswa yang terbiasa sarapan lebih cenderung tidak mengalami sakit ketika beraktivitas sekolah. Siswa yang malas sarapan akan mudah sakit kepala, pusing, mual-mual dan lain sebagainya.

Kesimpulan
Makan pagi atau yang lebih populer disebut sarapan dapat meningkatkan kualitas aktivitas belajar siswa di sekolah. Siswa lebih sehat, bergairah, bersemangat dan dapat memusatkan perhatian kepada apa yang sedang dipelajari. 

Dengan demikian, siswa yang sarapan sebelum berangkat sekolah lebih berpeluang untuk meningkatkan prestasi belajar di sekolah.***