Kualitas Pendidikan dan Latihan

Kualitas pendidikan dan latihan – Wilayah kepulauan Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah ruah. Di laut maupun di darat. Jargon ini telah dipromosikan sejak puluhan tahun silam. 

Melalui lagu ciptaan para musisi, pelajaran anak sekolah bahkan melalui pidato pejabat sampai tingkat pedesaan. 

Namun kekayaan alam tersebut masih belum dapat mensejahterakan bangsa Indonesia secara utuh.

Pengelolaan sumberdaya alam tersebut masih banyak melibatkan sumberdaya manusia bangsa lain.

Mengapa demikian?

Jawabannya sering memekakkan telinga: sumberdaya manusia Indonesia masih terbatas untuk mengelola kekayaan alam sendiri.

Tidak dapat disangkal lagi, sumberdaya manusia suatu bangsa berkaitan langsung dengan kualitas pendidikan dan pelatihan bangsa itu. 

Jika bangsa Indonesia belum sanggup mengelola kekayaan alamnya sendiri secara utuh dan mandiri berarti mutu pendidikan dan latihan masih perlu dibenahi.

Lembaga pendidikan dan latihan formal maupun non-formal, belum saatnya untuk mengklaim sebuah keberhasilan jika hanya dalam bentuk pragmatis belaka melalui selembar ijazah.

Yang dibutuhkan untuk mengelola sumberdaya alam adalah keterampilan terpakai.

Dalam matra tertentu, pola pendidikan dan latihan dilakukan setengah hati kalau tidak mau dikatakan asal-asalan.

Yang diperoleh dari suatu lembaga pendidikan dan latihan tidak lebih sekadar nilai bagus yang tertera di ijazah. 

Padahal, promosi pendidikan dan latihan bukan main namun pelaksanaannya belum sesuai dengan harapan.

Gambaran di atas bukan berarti membuat kita pesimis. Justru sebaliknya, memberi motivasi untuk membenahi segala sesuatunya.

Jika tidak ingin menjadi penonton orang panen hasil di negeri sendiri, maka kualitas pendidikan dan latihan perlu mendapat perhatian serius dari pihak pemerintah dan pengelola pendidikan dan latihan itu sendiri. 

Sistem pendidikan dan latihan tidak hanya mementingkan sudut bisnis semata melainkan mengakomodasi kemauan keras putra dan putri Indonesia untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkannya.

Meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan akan memberi harapan cerah terhadap meningkatnya kualitas sumberdaya manusia.

Ini adalah aset terbesar untuk mengelola sumberdaya alam yang berlimpah-ruah di negeri ini.***