Tips Menulis Artikel Postingan Blog

Tips menulis artikel postingan blogKali ini Matra Pendidikan akan mengetengahkan beberapa hal tentang artikel postingan blog, terutama untuk penulis/blogger pemula. Tentu saja hal ini ala Matra Pendidikan.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Batasan ini sengaja dibuat karena setiap blogger mempunyai trend dan tips tersendiri dalam menulis artikel postingan blog.

Menulis itu gampang susah. Begitu pula membuat artikel untuk postingan blog. Mengapa demikian? Artikel postingan sebuah blog tidak hanya dikunjungi oleh manusia. Robot mesin pencari juga akan ikut menjelajahi artikel untuk dibacanya. 

Robot ini kelak akan mempertimbangkan apakah artikel yang telah dicrawl layak atau belum untuk tampil di halaman pertama search engine.

Berbeda dengan menulis untuk media cetak. Hanya akan dibaca oleh manusia yang nota bene dipengaruhi oleh subjektivitas manusiawinya. Namun demikian, paling tidak setiap penulis artikel akan berusaha sebaik mungkin agar disukai oleh robot mesin pencari maupun manusia (pengunjung).

Membuat artikel postingan sekurang-kurangnya mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

1.Judul artikel postingan

Judul artikel sebaiknya tidak melebihi dari enam kata. Jika lebih, apalagi jumlah karakter yang banyak dalam satu kata, dikhawatirkan tampilan anchor teks-nya akan terputus.

2.Keterkaitan judul dengan isi artikel

Usahakan agar ada keterkaitan antara judul postingan dengan isi artikel. Artinya, isi bahasan dalam artikel tidak jauh menyimpang dengan judul. Pendek kata, judul mencerminkan isi artikel. 

Konon, jika judul artikel postingan tidak sesuai dengan isi yang diuraikan, maka robot google akan malas meng-crawl artikel tersebut. Akibatnya, artikel akan sulit berada pada urutan pertama atau halaman pertama search engine.

3. Penggunaan kata kunci (keyword)

Kata kuci (keyword) berpengaruh terhadap keakraban  robot searh engine dalam menjelajahi artikel postingan. Oleh sebab itu kita usahakan agar kata kunci utama diletakkan di awal dan akhir paragraf. 

Kata kunci dapat ditandai dengan penebalan (bold), pewarnaan kata,  dan pemiringan kata (italic). Rupanya, terlalu banyak kata kunci juga kurang baik, terutama pada keindahan tampilan postingan.

4. Panjang artikel postingan

Panjang artikel postingan berkisar antara  250 sampai 400 kata saja. Namun hal ini tidak mutlak, apalagi dikaitkan dengan penulisan artikel layanan google adsense.

Layanan ini menghendaki artikel yang memadai panjangnya sebagai keseriusan berhubungan dengan produk google ini. 

Tapi, ya sudah. Tujuan pertama kita bukan kesana. Melainkan supaya bisa dibaca pengunjung dan akrab dengan mesin pencarian google.

5. Penempatan anchor text

Anchor text merupakan link penghubung antara artikel yang dibaca dengan artikel lain yang dianggap berkaitan.

Bisa saja artikel yang dibuat dirasa penting untuk dikaitkan dengan  artikel sebelumnya atau artikel pada blog lain. 

Masalahnya, sering kali terlupa, apa artikel sebelumnya yang pantas dikaitkan dengan artikel sebelumnya sehingga lupa membuat anchor text.

Pengaitan artikel yang sedang dibahas dengan artikel sebelumnya yang terkait tentu saja tidak berlebihan. Yang lazim digunakan 1 sampai 3 link penghubung.

Demikian tips menulis artikel postingan blog untuk penulis pemula. Semoga bermanfaat.***