Cara Sederhana Menaikkan Alexa Rank

Cara sederhana menaikkan alexa rank – Sudah cukup banyak bertebaran artikel tutorial di dunia blogging seputar cara memperkecil peringkat alexa (alexa rank) sebuah blog atau web. Caranya pun banyak sekali. Dari sekian banyak hal yang harus dilakukan tidak semuanya yang dapat dilaksanakan. Hal ini tergantung pada waktu dan kesempatan yang dimiliki admin blog, termasuk admin blog Matra Pendidikan.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Artikel kali ini bukanlah tutorial melainkan hanya sekadar berbagi pengalaman kecil yang sempat dilaksanakan dalam usaha memperkecil peringkat alexa.

Beberapa waktu lalu tepatnya 22 Maret 2014 blog yang sobat kunjungi ini berganti nama dan domain. Resikonya adalah pagerank 1 yang sudah dimiliki oleh blog yang semula bernama Uda Go! Blog ini, direlakan hilang.

Begitu pula peringkat alexa yang sudah menyentuh angka 200 ribuan, kembali ke angka paling gemuk. Semua artikel pun hilang dari pengindeksan google.

Dampak berganti domain seperti di atas sudah sering diingatkan oleh sahabat blogger. Namun resiko tersebut bersifat temporer atau sementara.

Memang, hal itu telah terbukti, kecuali pagerank. Belum cukup sebulan, lebih kurang 26 hari, ternyata alexa rank matra pendidikan sudah berada di level 700 ribuan.

Tidak ada cara ekslusif memperkecil alexa rank. Juga tidak banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaiki peringkat alexa tersebut. Ada 3 hal utama yang perlu dilakukan, yaitu:

1.Update artikel postingan

Penerbitan artikel dilakukan secara kontinyu dan konsisten sampai alexa rank menuju angka yang diinginkan dan sesuai target.

Kadang-kadang tidak sempat lagi mempertimbangkan kualitas artikel. Yang penting tulis dan publish saja kalau sudah dirasa mencukupi.

2.Memasang widget alexa

Kode verifikasi alexa pada template sesungguhnya langkah yang penting. namun demikian untuk mencapai sasaran perlu juga memasang widget alexa di homepage.

Konon hal ini sangat disukai oleh alexa com bagi yang ingin memperkecil peringkat alexa ke kancah persaingan ketat (dibawah satu juta).

3.Blogwalking sebagaimana mestinya

Kegiatan blogwalking sangat penting terutama sekali memperbanyak pengunjung blog. Blogwalking dilakukan terutama sekali pada blog berbahasa Indonesia karena sasarannya adalah rank Indonesia, bukan global.

Hanya itu? Ya, kalau hanya itu, semua sahabat blogger sudah tahu dan sudah sangat hafal. Dan, memang itulah yang dilakukan untuk memperbaiki peringkat alexa blog sederhana ini.

Demikianlah sedikit cara memperkecil alexa rank ala Matra Pendidikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk membangkitkan inspirasi kita semuanya.***