4 Jalur PPDB di Lingkup Pemkab Tanah Datar, SMPN 2 Lintau Buo Siap Dengan Program Ekstrakurikuler

4 Jalur PPDB di lingkup pemkab tanah datar, SMPN 2 Lintau Buo Siap dengan program ekstrakurikuler - Seperti tahun pelajaran sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali membuka PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun Pelajaran 2024/2025 melalui 4 jalur penerimaan, yaitu jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan orang tua dan jalur Prestasi.

Kepala sekolah Syafrida SPd dan Kaur SMPN 2 Lintau Buo Hadi Rahim dengan Piagam Penghargaan Adiwiyata Tahun 2023 (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Hal itu diketahui dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Nomor 100.3.1/2076.a/DIKBUD/2024 Tentang Petunjuk Teknis PPDB TK, SD dan SMP Tahun Pelajaran 2024/2025.

PPDB dilaksanakan secara online (daring) dan offline (luring) sesuai ketentuan yang tercantum dalam Juknis PPDB Tahun 2024 tersebut.

Jalur zonasi dan afirmasi dimulai 24 sd 26 Juni 2024 sedangkan jalur perpindahan orang tua dan prestasi tanggal 28 Juni 2024.

Pendaftaran PPDB jalur zonasi untuk SD minimal 70 persen dan tingkat SMP minimal 60 persen dari daya tampung sekolah bersangkutan.

Untuk jalur afirmasi minimal 15 persen dari daya tampung sekolah, jalur perpindahan orang tua 5 persen dan jalur prestasi 10 persen (khusus SMP).

Seperti diketahui, sekolah memiliki daya tampung yang sudah ditetapkan. Untuk jenjang SD daya tampung siswa per rombongan belajar 28 orang dan untuk SMP 32 orang siswa.

Sementara itu, SMPN 2 Lintau Buo merupakan salah satu SMP di Kabupaten juga akan melaksanakan PPDB Tahun 2024.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd mengatakan pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan "alek" tahun pelajaran baru tersebut.

"Kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk PPDB tahun ini terutama sekali melalui Lokakarya Pendidikan di sekolah. Program-program strategis sudah dirancang kembali melalui intrakurikuler dan ekstrakurikuler," ujar kepala sekolah kepada Matrapendidikan.id beberapa waktu lalu.

Kepala sekolah mencontohkan beberapa program strategis untuk siswa  pada tahun pelajaran 2024/2025 seperti Jemput Iqra', Solo Song, kepramukaan, Tilawah, Tahfiz, Passusbra, Drumband, olahraga voli ball, Sepakbola, Belajar Komputer dan masih banyak lainnya.

Di bidang Tarik Suara, Nadya Melani Putri meraih Juara II Lomba Solo Song SMP Se-Kabupaten Tanah Datar 2023. Kemudian di tahun sama Juara II Turnamen Voli Ball Tingkat SMP Kabupaten Tanah Datar dan Sijunjung yang diselenggarakan oleh SMPN 3 Lintau Buo.

Saat ini kata Syafrida SPd sedang berlangsung pembangunan lapangan Two In One Futsal dan Voli Ball. Pembangunan lapangan tersebut dibiayai oleh Komite Sekolah.

Selain itu, SMPN 2 Lintau Buo ditetapkan oleh Bupati Tanah Datar menjadi salah satu sekolah Adiwiyata Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023.***