Tujuan dan Manfaat Lokakarya Pendidikan di Sekolah

Tujuan dan manfaat lokakarya pendidikan di sekolahTahun pelajaran 2023/2024 sudah di penghujung dan itu berarti tahun pelajaran baru 2024/2025 sudah menunggu. Setiap sekolah akan menyambut tahun pelajaran baru tersebut dengan berbagai persiapan. Salah satu persiapan dimaksud adalah lokakarya pendidikan di sekolah. Pesertanya adalah pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, komite sekolah dan pihak pemerintah setempat.

Ilustrasi gambar peserta lokakarya pendidikan di sekolah (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Lokakarya  pendidikan akan melahirkan sebuah rumusan yang disebut Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP). KSP akan menjadi pedoman dan panduan bagi sekolah dalam menjalankan program pendidikan pada tahun pelajaran yang akan dijalani.

Tujuan lokakarya pendidikan

Lokakarya sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org adalah pertemuan yang dilakukan oleh beberapa orang dalam satu instansi tertentu untuk membahas suatu masalah yang terkait dengan keahlian sekaligus menemukan solusi bagi permasalahan tersebut.

1.Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang mengacu pada SNP (Standar Nasional Pendidikan) yang ditetapkan oleh BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan).

2.Membicarakan kegiatan dan program yang menjadi unggulan di sekolah

3.Menghasilkan pedoman yang menjadi panduan dalam melaksanakan program sekolah’

Untuk mengadakan lokakarya, kepala sekolah perlu menugaskan para guru dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan lokakarya dalam struktur Panitia Lokakarya Pendidikan di Sekolah bersangkutan.

Selain itu kepala sekolah juga merencanakan dan menyusun Jadwal Kegiatan Lokakarya yang lazim dilaksanakan selama 2 atau 3 hari. Dalam jadwal kegiatan ini sudah ada  rincian kegiatan dan materi kegiatan yang terpilih beserta narasumber yang berkompeten.

Meskipun demikian ada 3 kegiatan penting yang akan dikerjakan selama lokakarya;

1.Evaluasi program kegiatan tahun sebelumnya

Evaluasi program sebelumnya adalah merefleksi program yang telah dilaksanakan pada tahun pelajaran sebelumnya. Kepala sekolah misalnya memaparkan kembali dokumen KOSP dan sekaligus membicarakan mana program yang sudah berjalan dan mana pula program yang belum terlaksana.

Yang lebih penting adalah menelisik mengapa program yang sudah disusun belum berjalan dan mencari tahu apa solusinya. Jika terasa sulit mencarikan alternatif solusi maka perlu dicarikan alternative program penggantinya. Alangkah bijak jika mengganti program yang sulit diterapkan daripada memaksakannya.

2.Menyusun program kegiatan

Peserta lokakarya secara bersama-sama akan memikirkan program sekolah satu tahun ke depan dengan berpedoman pada kebutuhan sekolah.

Dalam lokakarya perlu ditetapkan penanggungjawab setiap program yang dibuat dan strategi pelaksanaannya.

Setiap butir kegiatan yang direncanakan dirumuskan programnya, dan penanggungjawabnya ditetapkan dengan SK Kepala Sekolah.

3.Menetapkan pembagian tugas pendidik

Penetapan pembagian tugas dan beban mengajar guru merupakan kegiatan penting dalam lokakarya pendidikan di sekolah. Pembagian tugas pendidik mempedomani Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Manfaat lokakarya pendidikan

1.Memperbaharui wawasan guru.

Ketika lokakarya maka narasumber akan memberikan paparan materi sesuai dengan kebutuhan guru. Dalam hal ini tentu saja guru akan mendapat tambahan informasi dan pengetahuan baru sesuai dengan tupoksinya. Hal ini tentu guru akan dapat meng-upadate informasinya sesuai dengan perkembangan terbaru.

2.Memahami tugas dan tanggungjawabnya dalam satu tahun ke depannya.

Setelah paham dengan tugasnya diharapkan masing-masing guru dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Terlebih dahulu guru akan dapat menyusun rencana dan program kegiatan tentang tugas tersebut, apakah tugas mengajar atau tugas tambahan lainnya.

3.Meningkatkan kebersamaan dan kerjasama.

Melalui lokakarya maka semua stakeholder yang ada akan duduk secara bersama dan memikirkan tentang berbagai hal yang menyangkut kepentingan sekolah.

4.Meningkatkan kompetensi guru.

Informasi dan materi lokakarya terkini yang dibahas dapat meningkatkan kompetensi pendidik dalam melaksanakan tugas

5.Menerapkan ilmu dan informasi lokakarya

Melalui lokakarya, para pendidik dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengimplementasikan ilmu dan informasi yang diperolehnya.***