Plagiarisme Konten Blog Berhati-Hatilah!

Plagiarisme konten blog berhati-hatilah! - Dikutip dari Wikipedia, plagiarisme (plagiat) atau penjiplakan adalah pengambilan karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.

Ilustrasi gambar (pexels.com)

Dalam istilah blogging, plagiat konten adalah pengambilan konten blog orang lain tanpa memenuhi ketentuan. Dalam hal ini ketentuan dimaksud adalah izin, modifikasi dan mencantumkan link sumber.

Faktanya masih ditemukan plagiat konten yang tidak memenuhi ketentuan tersebut. Konten yang diambil tanpa mengubah sedikitpun konten blog orang lain. Begitu pula link sumber konten.

Pengambil konten langsung mengkloning konten dan diterbitkan dalam blognya. Ini menggunakan Auto Generate Content (AGC). 

Itu adalan tindakan praktis yang dilakukan oleh pengambil konten blog.

Menyalin (copy) konten blog orang lain kemudian mempostingnya (paste) mentah-mentah di blog sendiri adalah tindakan yang tidak terpuji. Selain merugikan blogger itu sendiri juga dapat merugikan blog yang dicopas artikelnya.

Memang, sejak dulu google sudah mengingatkan hal plagiarisme. Namun kisah pencurian konten masih terjadi sampai saat ini. Hal ini dilakukan tidak hanya oleh  blogger yang tidak terdidik.

Sistem algoritme google terus berkembang dari waktu ke waktu. Konten asli atau curian sudah bisa dideteksi oleh google.

Sebagai blogger, tentu tidak perlu sedih lagi bila menjadi korban plagiat konten. Ada ketentuan pembelaan hak cipta konten, diantaranya menghubungi pengelola blog bersangkutan dan melaporkannya ke google.

Itu sudah lama disarankan. Namun masalahnya blog copas tidak mencantumkan admin dan alamat emal. Atau kalau ada, itu pun palsu. Atau bisa juga admin blog copas memblokir emal blog yang dicopas.

Akibatnya notifikasi email mengkonfirmasi alamat email tidak ditemukan.

Melaporkan blog copas ke google adalah tindakan kedua setelah yang pertama tidak berhasil.

Korban plagiat konten dapat melapor melalui format yang disediakan atau DMCA Notice.

Jika dua langkah tersebut sudah dilakukan, konten artikel yang ada di blog copas akan menjadi sampah pemadat space blognya.

Atau kalau laporan korban diterima maka pihak google akan menghapusnya. Makanya plagiat konten tak perlu heran jika konten blog yang diambil tanpa aturan akan hilang di blog.

Kalau pun tidak di take down oleh google, konten blog copas hanya dikunjungi oleh adminnya sendiri. Atau hanya teman lain dimana mereka membagikan konten copas tersebut. Kasihan, bukan?

Maka sebaiknya hapuslah konten blog yang sudah diambil dari blog orang lain tanpa izin. Atau modifikasi kembali konten seperti link sumber dan lain sebagainya.***

Catatan : Blog ini juga mengalami "kehilangan" konten dan pengambilnya sudah dikantongi dan sedang dalam pengawasan.