Logo Terbaru Koperasi Indonesia

Logo terbaru koperasi indonesia - Dalam waktu dekat, gerakan koperasi Indonesia akan mengadakan Rapat Anggota Tahunan atau disingkat RAT. Koperasi Pegawai Negeri (KPN) SMP Negeri Tigo Jangko juga akan menyelenggarakan RAT Tahun Buku 2023 ini.

Logo gerakan koperasi Indonesia (Matrapendidikan.com)

Berdasarkan UU No. 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian Indonesia, pasal 82 perihal jenis koperasi maka berdasar keanggotaannya maka KPN, adalah jenis koperasi Simpan Pinjam KPRI (Koperasi Pegawai Republik Indonesia).

Ada pula jenis Koperasi Sekolah dimana jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya warga sekolah seperti guru, tenaga administrasi dan siswa.

Mengenal logo koperasi

Sehubungan dengan itu akan dibagikan kepada pengunjung yang budiman tentang logo atau lambang gerakan koperasi indonesia yang baru.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Dewan Koperasi Indonesia No. SKEP/03/DEKOPIN-E/I/2015 Tentang Perubahan Lambang/Logo Gerakan Koperasi Indonesia dan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI No. 01/Per/M.KUKM/II/2015 Tentang Perubahan Lambang/Logo Gerakan Koperasi Indonesia.

Berdasarkan surat keputusan dan peraturan menteri tersebut diketahui bahwa lambang/logo Gerakan Koperasi indonesia adalah pohon beringin yang berada di posisi tengah serta rantai, padi dan kapas, timbangan, bintang dalam perisai dengan warna latar belakang merah dan putih.

Pohon beringin

Pohon beringin melambangkan simbol kehidupan yang harus dijunjung tinggi oleh anggota koperasi.

Timbangan

Timbangan melambangkan keadilan sosial bagi semua anggota koperasi berdasarkan keseimbangan.

Bintang

Bintang dalam perisai melambangkan landasan idiil koperasi yaitu Pancasila.

Gerigi roda 

Gerigi roda pada posisi paling atas melambangkan kerja keras anggota gerakan koperasi indonesia.

Rantai

Rantai berada pada posisi sebelah kiri logo yang melambangkan ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kuat.

Padi dan kapas 

Logo padi dan kapas di sebelah kanan melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran anggota koperasi.

Koperasi Indonesia 

Kata "Koperasi Indonesia" melambangkan koperasi milik bangsa Indonesia dan warna merah dan putih adalah sifat bangsa Indonesia.

Itulah logo dan lambang Koperasi Indonesia terbaru yang perlu dikenali.***