Selamat Hari Ayah Nasional 12 November 2023

Selamat hari ayah nasional 12 November 2023 - Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November, sejak 7 tahun silam. Namun demikian gaung Hari Ayah Nasional belum begitu nyaring kedengaran karena memang jarang dirayakan meskipun istimewa. 

                               

Ayah pembimbing anak dalam keluarga (pixabay.com)

Hari Ayah Nasional 2023 bagi seorang anak yang hormat dan patuh pada kedua orangtua. Tentu, memiliki makna tersendiri dengan merayakan secara sederhana. 

Menyampaikan ungkapan kata dan benda sederhana namun bermakna. Hal ini lazim dilakukan saat memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember.

Hari Ayah Nasional adalah salah satu gagasan untuk menghormati dan mewujudkan kasih sayang anak kepada ayah.

Seorang ayah adalah teladan bagi anak. Oleh sebab itu, selamat kepada ayah yang sukses menjadi teladan sekaligus panutan bagi anak-anak tercinta.

Kasih sayang ayah konotasinya membimbing dan mendidik anak-anak menjadi dewasa dan mandiri.

Namun hal itu dilakukan sejalan dengan tugas dan fungsi seorang ibu dalam keluarga.

Pantas, sejarah Hari Ayah tidak terlepas dari Hari Ibu. Pada peringatan Hari Ibu Tahun 2014, tercetus ide untuk memperingati hari Ayah ketika merayakan peringatan hari ibu tersebut.

Dikotomi peran ayah 

Dikotomi peran ayah dan ibu sudah lama terjadi. Seolah-olah peran seorang ayah hanyalah sebagai penanggung jawab ekonomi. Ayah menjadi tulang punggung ekonomi keluarga!

Akan tetapi zaman kekinian justru banyak terjadi sebaliknya. Ibu yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarga.

Kondisi ini secara teori dapat diterima akal. Namun dalam praktiknya telah banyak menimbulkan problem sosial yang terungkap di berbagai media sosial.

Yang pasti, hari ini seorang Ayah menjalani hari istimewa di hadapan dan pandangan anak-anaknya.

Happy Fathers Day of the Year 2023.***