Rumah dan Sekolah Tempat Paling Nyaman Bagi Anak Usia Sekolah

Rumah dan sekolah tempat paling nyaman bagi anak usia sekolah - Bagi anak usia sekolah, seyogyanya rumah dan sekolah menjadi tempat ternyaman. Di dua tempat inilah anak sekolah akan merangkai dan membangun masa depannya.

Sekolah salah satu tempat paling nyaman bagi anak (Matrapendidikan.id)

Pendapat itu disampaikan salah seorang pendidik SMP di Kabupaten Tanah Datar, Sutan Sati kepada situs Matrapendidikan.com beberapa waktu lalu.

"Jika ada tempat lain yang dianggap paling nyaman oleh anak sekolah, itu hanyalah untuk sementara," ujarnya.

Anak usia sekolah semestinya lebih banyak berada di rumah dan di sekolah. Belajar dan mengembangkan diri agar memperoleh bekal hidup yang lebih baik.

"Di rumah, anak akan belajar dan berkegiatan di bawah perhatian dan pengawasan orangtua. Di sekolah akan dibimbing oleh guru," sambungnya.

Ia mencontohkan, anak yang suka bermain di warung atau di tempat umum lainnya akan menghadapi persoalan, apalagi pada jam belajar.

Sebab, kecanduan bolos akan berhadapan dengan tata tertib sekolah. Proses dan hasil belajar menjadi terkendala. 

"Mereka umumnya jadi malas belajar," tandas Sutan Sati.

Kecenderungan bermain atau nongkrong di warung atau kedai justru merugikan diri sendiri. Sering berdusta kepada orangtua dan guru.

Pergi dari rumah untuk ke sekolah namun tidak sampai ke sekolah. Atau mereka datang ke sekolah namun setelah itu bolos.

Perilaku ini akan merugikan diri siswa sendiri dan bukan mustahil juga merugikan orang lain.

Oleh sebab itu, jadikanlah rumah dan sekolah menjadi tempat yang paling nyaman bagi anak sekolah. Ikuti aturan dan kesepakatan yang berlaku di dua tempat itu, pesannya.***