Capaian dan Tujuan Serta Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Capaian dan tujuan serta alur tujuan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Kali ini dibagikan artikel sederhana tentang istilah dalam Kurikulum Merdeka. Ada 3 istilah dalam kurikulum merdeka yang perlu dipelajari dan dipahami oleh semua pendidik di satuan pendidikan.

Ilustrasi gambar (PMM/Matrapendidikan.id)

Ketiga istilah itu adalah Capaian pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Capaian pembelajaran

Capaian pembelajaran (CP) adalah kompetensi atau kemampuan yang akan dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. 

Ada beberapa fase perkembangan pada semua satuan pendidikan dasar dan menengah, yaitu fase pondasi (satuan PAUD) atau fase A, fase B, fase C, fase D, fase E dan fase F.

Dalam CP dimuat sejumlah kompetensi dan lingkup materi dalam bentuk narasi yang telah disusun secara menyeluruh.

CP disusun untuk semua satuan pendidikan dan mata pelajaran di semua satuan pendidikan dasar dan menengah.

Pada Kurikulum 2013, istilah CP mirip dengan Kompetensi inti (KI)/Kompetensi Dasar (KD).

Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran (TP) secara konseptual adalah gambaran pencapaian dalam aspek kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Pencapaian dalam ketiga matra ini melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

TP dirumuskan dengan memperhatikan aspek yang dapat diamati dan diukur. Hal ini memudahkan pendidik dalam menyatakan apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran atau belum.

Perumusan TP seyogyanya minimal memuat 2 komponen yaitu kompetensi dan lingkup materi. Dirumuskan secara kronologis berdasarkan tahapan kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran.

Alur tujuan pembelajaran

Konsep Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis dalam fase-fase pembelajaran.

Pendidik dapat menyusun sendiri rangkaian atau alur tujuan pembelajaran (ATP). Hal ini berguna sebagai pedoman atau panduan dalam mencapai CP pada akhir pembelajaran.

Itulah bahasan tentang CP, TP dan ATP, istilah dalam penyusunan program pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.***