Peringatan Hari Lahir Pancasila

Peringatan hari lahir pancasila - Pemerintah telah menetapkan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 1945 dan diperingati setiap tahun. Hal ini merujuk pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 dimana Presiden Soekarno menyebut kata Pancasila pertama kali.

Logo Harlah Pancasila 2023 (bpip.com)

Penetapan Hari Lahir Pancasila oleh pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2023 bahwa tema peringatan Harlah Pancasila 2023 adalah "Gorong-gorong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global."

Harlah Pancasila biasanya diperingati dengan menggelar upacara bendera di instansi pemerintah maupun satuan pendidikan fornal.

Di Kecamatan Lintau Buo Kab Tanah Datar Sumbar, peringatan Harlah Pancasila dipusatkan di SMAN 2 Lintau Buo

Pihak Pemerintah Kecamatan telah menyebarkan undangan upacara bendera kepada instansi/lembaga di lingkup Kecamatan Lintau Buo.

Selain menyelenggarakan upacara bendera, peringatan Harlah Pancasila juga dengan memperkuat nilai-nilai Pancasila baik dalam penghayatan maupun dalam pengamalannya secara nyata di dalam kehidupan sehari-hari.

Di lingkup satuan pendidikan, karakter bernilai Pancasila telah diterapkan melalui P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Hal ini mengisyaratkan bahwa peran lembaga pendidikan sangat penting dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila.***