Alek Gadang Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 Sukses

Alek gadang gebyar smpn 2 lintau buo 2023 sukses - Alek gadang (baca: pesta besar) SMPN 2 Lintau Buo 2023, Gebyar 40 Tahun Berdirinya Sekolah ini, telah usai. Pesta besar yang berlangsung selama 2 hari itu, Senin dan Selasa (6 dan 7 Maret 2023) terbilang sukses.

Bupati Eka Putra SE MM disambut dengan atraksi silat dari siswa SMPN 2 Lintau Buo (dok.humas/ Matrapendidikan.id)

Gebyar diisi dengan kegiatan lomba dan tanding antar SD di Kecamatan Lintau Buo serta Pentas Seni siswa kelas 9 Tahun Pelajaran 2022/2023.

Ada 3 jenis lomba dan tanding yang dilaksanakan yaitu Lomba Paduan Suara, Lomba Tahfizh dan Pertandingan Sepakbola Mini.

Tentu saja gebyar ini lebih besar jika dibandingkan dengan iven Semarak SMPN 2 Lintau Buo 2022 lalu, yang melibatkan 6 SDN di Zonasi sekolah.

Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 melibatkan 14 SD di Kecamatan Lintau Buo dan dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM, Senin (6/3/23).

Testimoni

Kesuksesan Alek Gadang SMP yang awal berdirinya bernama SMP Negeri Tigo Jangko 40 tahun silam, diklaim oleh Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd.

"Acara terbesar dan menjadi sejarah tersendiri bagi saya, Gebyar 40 Tahun SMPN 2 Lintau Buo, alhamdulillah telah berjalan aman dan lancar," sebut kepala sekolah saat menutup Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023, Selasa (7/3/23).

Pembina tim sepakbola mini SDN 12 Pangian, Deno Erwin SPd menilai acara Gebyar SMPN 2 Lintau Buo cukup sukses.

"Acara gebyar ini luar biasa menurut saya dan telah sukses meskipun terdapat kekurangannya," ungkap Deno Erwin SPd saat ngopi sore bersama di ruang kantor Wakil Kepala Sekolah.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang alumni, Irmi Susanti ketika dikonfirmasi Matrapendidikan.com.

"Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 boleh dikatakan sukses berkat kerjasama dan kekompakan kita semua termasuk para alumni," aku alumni 1997 ini saat bincang ringan di ruang makan tamu undangan.

Di media sosial, seperti Facebook dan Instagram, sampai sejauh ini juga terpantau mendapat respon positif.

Rahasia sukses

Apa rahasia sukses acara gebyar sebesar Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 meskipun sebelumnya dihadang oleh hambatan dan kendala dana?

Menurut analisa Matra Pendidikan, keberhasilan acara Gebyar 40 Tahun berdirinya SMPN 2 Lintau Buo 2023 ini terletak pada motivasi yang kuat dan kerjasama yang terorganisir.

Acara Alek Gadang SMPN 2 Lintau Buo 2023 dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM. 

Sudah pasti memerlukan persiapan matang serta biaya yang tak bisa disebut kecil. 

Bercermin dengan acara Semarak SMPN 2 Lintau Buo 2022 lalu, Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 memerlukan biaya dua kali lipat.

Kenapa?

Cakupan kegiatan lomba yang dilaksanakan pada gebyar ini tingkat Kecamatan Lintau Buo. Melibatkan 14 SD dalam 3 jenis lomba dan pertandingan.

Tantangan dan hambatan yang akan dihadapi oleh panitia pelaksana, yang diketuai Arlis Anwar SPd, disadari cukup besar terutama masalah dana.

Namun demikian motivasi untuk menyelenggarakan even akbar ini semakin kuat sejalan dengan tantangan dan hambatan yang akan dihadapi. 

Panitia pelaksana bersama kepala sekolah serta koordinasi para wakil kepala sekolah, bertindak sigap untuk membangun jaringan kerjasama.

Pihak komite sekolah, orangtua murid, alumni dan dunia usaha bersinergi untuk melaksanakan Gebyar SMPN 2 Lintau 2023 dalam rangka 40 Tahun Berdirinya Sekolah.

Alumni SMPN 2 Lintau Buo khususnya, baik yang berada di kampung maupun perantauan bersatu menggalang kekuatan dana per angkatan.

Dunia usaha seperti peternak ayam, pedagang, lembaga/instansi swasta dan lainnya di Kecamatan Lintau Buo, terjun sato sakaki mendukung terlaksananya gebyar ini.

Panitia Pelaksana melalui media ini, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap pelaksanaan Alek Gadang Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 dalam rangka ulang tahun ke- 40 SMPN 2 Lintau Buo.***