Ekstrakurikuler di Sekolah untuk Memenuhi Kebutuhan Rohani Siswa

Ekstrakurikuler di sekolah untuk memenuhi kebutuhan rohani siswa – Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah pada hakikatnya adalah upaya untuk melengkapi kebutuhan siswa. Salah satu kebutuhan dimaksud adalah penyaluran potensi minat dan bakat siswa.

Kegiatan ekstrakurikuler sangat disenangi siswa (Syafrida/ Matrapendidikan.id)

Minat dan bakat siswa beraneka ragam. Untuk menyalurkan kebutuhan itu diupayakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Di setiap sekolah sepertinya sudah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan itu disesuaikan dengan fasilitas dan sarana serta kondisi sekolah.

Beragam jenis kegiatan ekstrakurikuler yang populer adalah bidang kepramukaan, pasukan pengibar bendera, olahraga prestasi, keagamaan, seni dan budaya dan bidan teknologi informasi.

Ekstrakurikuler bidang teknologi informasi (Syafrida/ Matrapendidikan.id)

Aneka ragam kegiatan ekstrakurikuler tersebut untuk mewadahi minat dan bakat siswa di sekolah.

Pengalaman empiris menunjukkan bahwa siswa merasa senang mengikuti kegiatan-kegiatan diluar jam pelajaran tatap muka tersebut.

Hal ini karena kebutuhan rohani berupa minat dan bakat siswa terpenuhi. Siswa pun akan merasa betah mengikuti kegiatan intrakurikuler di ruang kelas.

Selain terpenuhinya kebutuhan rohaniah siswa, kegiatan ekstrakurikuler juga menjadi wadah untuk mengembangkan karakter positif pada siswa.

Tentu saja, muara dari kegiatan ekstrakurikuler yang tak kalah penting adalah prestasi non akademik.***