Lebih Penting Mana Mahasiswa Kura-kura dan Kupu-kupu di dalam Kampus?

Lebih penting manakah mahasiswa kura-kura dan kupu-kupu di dalam kampus? - Taukah kamu apa itu "Kupu-kupu" dan "Kura-kura" perkuliahan? Kupu-kupu ialah mahasiswa yang sering menghabiskan waktunya fokus terhadap mata perkuliahannya.

Ilustrasi gambar (dok.pen)

Yang memiliki kepanjangan dari kuliah pulang-kuliah pulang, sedangkan Kura-kura ialah istilah yang sering dipergunakan didalam mahasiswa yang sering bersangkut paut dengan organisasi, UKM, kepanitian ataupun kegiatan-kegiatan lainnya.

Yang memiliki kepanjangan dari kuliah rapat-kuliah rapat. Mahasiswa Kupu-kupu dikenal dengan mahasiswa yang dikenal rajin, fokus terhadap kuliahnya, dan kebanyakan orang menyebutnya memiliki sifat yang introvert.

Sedangkan mahasiswa Kura-kura dikenal sebagai mahasiswa yang aktif suka berorganisasi, sibuk, senang berintreaksi dengan lingkungan luar, dan kebanyakan memiliki sifat ekstrovert.

Namun, dari kedua tipe tersebut ada beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing yang memiliki sisi negatif dan sisi positif tersendiri.

Kuliah pulang-kuliah pulang memiliki beberapa kelebihan yang cenderung lebih menghabiskan waktunya pada hal-hal yang bersangkutan dengan dunia perkuliahan.

Yaitu lebih memiliki waktu buat diri sendiri, bisa belajar sesuai dengan yang diinginkan, lebih fokus mengerjakan tugas-tugas didalam perkuliahan (bahan presentasi, makalah ilmiah, dan jurnal) tanpa adanya gangguan kepentingan lain, dapat mengembangkan soft skill atau hobi yang dapat menghasilkan penghasilan tambahan dari hobi tersebut, bisa lebih refersh dalam kehidupan, IPK stabil tidak naik turun, bisa lebih memiliki waktu luang buat keluarga, teman, dan kepentingan lain diluar kampus (webinar, organisasi diluar kampus, dll).

Selain itu, pastinya sesuatu tidak hanya memiliki kelebihan namun juga memiliki kekurangan yang ada di mahasiswa kuliah pulang-kuliah pulang.

Kekurangan dari mahasiswa itu adalah kurangnya relasi pertemanan disekitar kampus karena lebih memilki teman di luar kampus, kurangnya pengalaman berorganisasi dan bersosialisasi didalam kampus, kesulitan dalam mengatur keuangan, kehilangan kegiatan- kegiatan yang menyenangkan dan terkesan, serta pengembangan diri yang kurang atau biasanya lebih lambat. 

Disamping itu, ada mahasiswa kuliah rapat-kuliah rapat biasanya menghabiskan banyak waktunya untuk rapat tiada hari tanpa rapat, tentunya mahasiswa itu memilki beberapa kelebihan tersendiri yaitu banyak pengalaman kerja yang di dapat di dalam organisasi tersebut, adanya meluasnya relasi pertemanan di dalam lingkungan kampus dan diluar kampus, membangun pola pikir menjadi lebih luas, bisa langsung praktek dapat menambahkan skill, dan mendapatkan ilmu yang baru yang kemungkinan tidak ada didalam perkuliahan.

Selain itu, juga memiliki kekurangan yang ada di mahasiswa kuliah rapat-kuliah rapat itu antara lain waktu untuk istirahat berkurang, grafik IPK yang naik turun tidak stabil, lebih banyak mengeluarkan biaya saat rapat untuk biaya makan dan transportasi, biasanya berkurangnya kefokusan didalam perkuliahan, jika kurang pintar memanajemen waktu dengan baik akan kewalahan dalam membagi waktu, berkurangnya waktu untuk diri sendiri dan berkumpul dengan keluarga.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) dan kura-kura (kuliah rapat-kuliah) itu keduanya sama-sama penting karena keduanya memiliki sesuatu yang positif tersendiri dan memilki manfaat yang dapat di ambil sisi baik nya masing-masing.

Menurut pendapat saya, kuliah rapat dapat membangun kepribadian kita menjadi lebih luas atau berwawasan yang tinggi dalam melakukan sosialisasi terhadap lingkungan sekitar yang tentunya menambah luasnya relasi pertemanan juga.

Namun selain itu kuliah pulang juga dapat menjadikan mahasiswa lebih fokus terhadap perkuliahannya yang lebih fokus terhadap mata kuliah dan lebih memperhatikan IPK biar stabil setiap semesternya dan biasanya lebih mudah mendapatkan nilai plus tersendiri dari dosen mata kuliahnya.***(Oleh : Faunia Aura Dalta Fika, Prodi : D3 Perpustakaan, NIM  : V1022022)