Inilah Kebiasaan Orang Introvert

Inilah Kebiasaan Orang Introvert - Sikap introvert adalah salah satu sikap kepribadian yang cenderung lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal yang berasal dari dalam diri.

Pada dasarnya orang yang introvert tidak suka dengan hal yang berbau keramaian, ia suka membutuhkan banyak waktu  sendiri untuk merasa nyaman, namun ia peduli terhadap sesama.

Tak cuma itu, orang introvert lebih suka bekerja sendiri, sayangnya sikap introvert dipandang sebelah mata oleh orang lain karena dinilai karakteristiknya negatif.

Nah,  membahas tentang sikap introvert saya sebenarnya juga termasuk ke dalam orang introvert, loh.

Mengapa demikian, karena saya ini tergolong ke dalam ciri-ciri introvert tersebut.

Setiap hari pagi sampai malam hingga menjelang tidur dan bagun lagi, lebih banyak memakan waktu menyendiri walau sekedar diam saja tidak melakukan apa-apa.

Dan saya mengalami itu cukup menyenangkan, namun dalam berbagai kegiatan yang cukup  menguras banyak energi yang dikeluarkan padahal hanya sekedar berbincang dengan sekumpulan kelompok saja itu cukup melelahkan loh bagi orang introvert dan harus beradaptasi untuk menyesuaikan lingkungan tersebut. 

Kadang kala saat bersosialisasi yang di situ banyak orang sedikit canggung untuk ngomong, mulut pun ikut bersenda gurau walau dalam hati tidak begitu nyaman dalam segala hal.

Apakah saya se-introvert itu? Tentu tidak malah berpikir saya ini seorang berkarakter yang tidak begitu introvert banget.

Kalaupun ada acara ramai atau kegiatan festival tidak begitu tertarik, karena suka menyendiri dengan suasana tenang dan nyaman.

Dimata orang lain seorang introvert dipandang tidak punya sisi positif dan begitu buruk dalam berbagai hal, apakah itu benar?

Menurut saya, pendapat tersebut salah besar karena orang introvert begitu banyak memiliki sisi positif yang jarang diketahui.

Terutama suka bekerja sendiri dalam artian ia mandiri tidak bergantung pada orang lain sehingga tidak merepotkan orang, berpikir dulu sebelum berbicara atau bertindak agar tidak melukai hati orang di sekelilingnya, biasanya dikenal sangat cuek tapi dalam dirinya begitu penyayang.

Lebih suka di lingkaran teman dekat saja daripada dengan yang mempunyai teman circle dan dianggap sombong ke orang lain sehingga ia hanya memiliki satu atau dua teman dekat saja dan menganggap orang lain sebagai teman biasa karena sikapnya lebih mementingkan hubungan daripada meningkatkan jumlah pertemanan dan kualitas pertemanan istimewanya ia sangat setia dengan orang yang sudah dekat dengannya.  

Kepribadian seorang introvert lebih sering mengkritik diri sendiri daripada mengkritik orang lain.

Semisal ia marah pasti lebih banyak diam dipendam dalam hati tidak suka mengeluarkan uneg-uneg yang ada dalam pikirannya karena ia tidak suka menambah beban masalah, mengurangi komunikasi dari biasanya dan akan terlihat jelas dalam situasi apapun, baik saat bertemu langsung, berbicara lewat telepon, atau saling berkirim pesan.

Dan ia sangat mudah sekali menangis atau terluka, tapi tidak ingin menunjukkan ke orang lain anggapnya menangis di depan banyak orang membuat terlihat jadi tidak berguna gampang cengeng.

Makanya, ia lebih suka memendam dan menangis sendirian. 

Menjadi pendengar yang baik, ia misal ada sahabat yang ingin mengajak curhat pasti akan mendengarkan dan memperhatikan serta mencari solusi dalam permasalahannya.

Dan kalau ada orang yang sedang mengkritiknya ia akan menerimanya dengan baik dan merubahnya apa yang menjadi kekurangan dalam dirinya.

Senang terlibat pembicaraan yang dalam, tidak suka basa-basi, sifatnya terbuka dalam lingkungan yang dipercayanya.

Juga tidak ingin menghakimi orang melainkan mengobservasi dalam ketenangannya.

Introvert sering disalahpahami sebagai orang pemalu, padahal introvert hanya menjaga energinya supaya tetap stabil dan berguna saat dibutuhkan saja.

Lebih nyaman dengan inner circlenya dibanding harus bergaul dan menambah-nambah temennya lagi.

Ia tahu bahwa perjalanan hidup bukanlah tentangnya, introvert tahu bahwa perjalanan kehidupannya adalah bagian dari gambaran yang jauh lebih besar.

Perjalanan hidup bukan tentang personal atau individu, tetapi pengalaman, karakter dan pengaturan secara keseluruhan.

Ia akan merasa aman dan jauh lebih bahagia mengetahui bahwa mereka bukan tokoh utamanya ketika mereka melakukan  perjalanan dan senang memainkan peran figuran.

Nah, selama pandemi, kaum introvert malah lebih tangguh dan sangat nyaman dalam menjalani kehidupan terisolasi karena sudah terbiasa menyepi atau menyendiri. 

Selama saya lulus sekolah SMA juga mencari jurusan yang cocok bagi diri saya sebagai seorang introvert, yaitu jurusan perpustakaan.

Walaupun ada mata kuliah yang ada public speaking-nya, juga butuh beradaptasi di mata kuliah tersebut tapi kadang agak belibet dalam menyampaikan kata-kata dan susah dalam merangkai kalimat.

Begitulah, seseorang yang memiliki kepribadian introvert harus selalu belajar adaptasi di lingkungan yang baru supaya tidak canggung dalam bersosialisasi.

Dan orang introvert tidak selalu dipandang negatif, karena ada banyak kelebihan yang jarang diketahui seperti yang sudah dijelaskan di atas. ***(Penulis : Henggar Penggalih C)