Meneladani Semangat dan Tekad Pahlawan dalam Mengatasi Masalah Pendidikan

Meneladani semangat dan tekad pahlawan dalam mengatasi masalah pendidikan – Tanggal 10 November setiap tahun diperingati sebagai Hari Pahlawan oleh bangsa Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan merupakan implementasi mengenang jasa para pahlawan dalam peristiwa besar yang terjadi di Surabaya Tahun 1945.

Peristiwa besar ini dikenal dengan Pertempuran Surabaya. Seperi diketahui dalam sejarah, pertempuran di Kota Surabaya terjadi setelah Indonesia Merdeka.

Hal ini berarti, perjuangan rakyat Indonesia saat itu untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Modal utama dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan adalah semangat dan tekad. Dan, hal itu terbukti telah berhasil.

Semangat dan tekad para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan ini, kiranya menjadi teladan sekaligus  inspirasi bagi rakyat Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

Sangat tepat jika Kemensos RI mengusung tema peringatan Hari Pahlawan 2022 ini, Pahlawanku, Teladanku.

Tema ini sangat relevan dengan kondisi terkini. Di berbagai lini kehidupan, mengisi kemerdekaan ternyata tak luput dari persoalan.

Hambatan dan rintangan yang dihadapi bangsa Indonesia tidak ringan di tengah persaingan dan persoalan global. 

Di sektor pembangunan bidang  pendidikan misalnya, keterbatasan dana pendidikan masih menjadi persoalan klasik yang tak bisa dianggap remeh sampai saat ini.

Disisi lain, pendidikan bermutu menjadi impian. Untuk mewujudkan impian itu tidak lepas dari sokongan finansial. 

Di tatanan lembaga sekolah, unsur terkait dengan penyelenggaraan pendidikan perlu bekerjasama dilandasi semangat dan tekad untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi dalam menjalankan proses pendidikan di sekolah.

Semangat dan tekad serta kebersamaan menjadi modal untuk melakukan inovasi, menciptakan peluang dan keluar dari masalah pendanaan.

Komitmen yang dilandasi semangat dan tekad semua pihak terkait inilah yang mesti dipegang dalam memajukan pendidikan di sekolah.

Dirgahayu Pahlawan 10 November 2022.***