How to Survive di Dunia SMA

How to survive di dunia sma - Sedikit cerita, waktu aku baru masuk SMA aku takut banget nggak bisa ngikutin yang lain. Apalagi saat masuk di sekolah tersebut siswa yang berasal dari SMP ku terbilang minoritas, banyak dari siswanya berasal dari sekolah-sekolah favorit.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Tiap inget waktu kenal dengan temen yang lain rasanya minder banget. Tapi nggak lama aku sadar bahwa aku harus tetep berusaha dan survive itu nggak susah-susah amat kok.

1. Coba ajak dulu

Dulu siapa yang nangis nggak ada yang ngajak kenalan, nggak ada yang ngajak sekelompok kalau nugas ?

Ya, itu aku. Aku juga pernah ngerasain rasanya dapet kelompok sisa. Akhirnya aku dulu berinisiatif buat selalu menyapa dulu dan memperkenalkan diri lebih dahulu.

Ternyata sebagian dari mereka nunggu buat di sapa duluan. Jadi jangan taku dan malu buat menyapa ataupun mengawali obrolan lebih dulu.

2. Tips ambis 

Nggak harus selalu aktif dan selalu tanya jawab sama guru, ini dia tips ambis santai, yang nggak bikin kamu di iriin dan dimusuhin sama teman.

Memahami dan mencatat. Selain kalian harus paham dengan materi yang di sampaikan oleh guru kalian juga wajib banget nih punya catatan yang komplit.

Tujuannya apasih, supaya memudahkan kalian buat belajar saat ulangan maupun ujian-ujian dan juga sering kali guru meminta dan menilai catatan kalian lho.

Lalu biasanya aku selalu mengulagi dan mempelajari lagi materi yang telah di sampaikan guru pada malam hari nya supaya bener-bener paham.

Karena biasanya guru akan menanyakan materi yang sudah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya, jadi kalau kamu bisa jawab bisa menjadi poin tambah. 

Aktif dan kenal dengan guru itu juga bisa menjadi kunci. Karena guru juga biasanya lebih mudah memberi nilai kepada anak yang aktif dan dekat dengan mereka.

Aku yang juga ikut organisasi waktu SMA secara tidak langsung bertemu dengan banyak guru dan lebih dekat dengan mereka, itu juga bisa menjadi poin tambah kalian dengan memulai pendekatan dengan guru

Mengerjakan tugas tepat waktu, karena waktu sekolah biasanya sering memberi tugas maka dari itu usahakan selalu mengerjakannya tepat waktu karena semakin  kamu menunda tugas maka makin menumpuk juga tugas tersebut.

3.Punya teman yang sehat

Tau nggak sih arti punya temen yang sehat, temen yang memberi suasana positif dan mendukung untuk berprogress dalam belajar.

Teman yang kaya gini nih dibutuhin banget waktu sekolah. Jangan sampai kamu terjerumus dalam linkungan yang tidak sehat, karena linkungan pertemanan juga sanagat berengaruh.

Jadi jangan sampe salah memilih teman ya.

Jadi itu tadi beberapa tips untuk survive di SMA, jangan takut nggak punya teman dan harus bisa membagi waktu untuk belajar ya.*** (Oleh : Fauzia Jeniasari)