Penilaian Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka

Penilaian formatif dan sumatif kurikulum merdeka – Penilaian (asesmen) merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi atau data. Dalam pendidikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur proses dan pencapaian hasil belajar siswa.

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.id)

Pada Kurikulum 2013 dikenal istilah penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.

Namun dalam Kurikulum Merdeka terdapat 2 bentuk penilaian: formatif dan sumatif.

Kedua bentuk penilaian dalam Kurikulum Merdeka ini memiliki perbedaan pokok.

Merujuk Permendikbud Ristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan (SPP) maka terdapat perbedaan pokok penilaian formatif dan sumatif.

A.Penilaian formatif

1.Bertujuan untuk memantau, memperbaiki dan mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran (TP).

2.Bagian dari tahap-tahap pembelajaran atau dilakukan selama pembelajaran berlangsung di ruang kelas.

3.Tidak menentukan nilai akhir siswa karena bertujuan untuk mengetahui dan merefleksi proses dan ketercapaian tujuan pembelajaran.

B.Penilaian sumatif

1.Menilai pencapaian hasil belajar siswa 

2.Digunakan  sebagai dasar dalam penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan

3.Pencapaian hasil belajar siswa berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

4.Materi penilaian lebih dari satu konsep atau pokok bahasan yang telah dipelajari siswa.

Demikian pembahasan seputar beda penilaian formatif dan sumatif. Semoga bermanfaat.***