GTK dan Siswa SMPN 2 Lintau Buo Ikuti Webinar Cakap Digital 2022

Gtk dan dan siswa smpn 2 lintau buo ikuti webinar cakap digital 2022 – Dua ratus lebih warga SMPN 2 Lintau Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat secara serentak mengikuti webinar Makin Cakap Digital 2022. Warga sekolah yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan (GTK) serta siswa itu dikelompokkan dalam 3 titik nonton bareng (Nobar), Jumat (5/8/22).

Persiapan kegiatan webinar Cakap Digital Tahun 2022 ini memang sudah dilakukan sejak sekolah menerima informasi beberapa waktu sebelumnya.

Persiapan itu dimulai dari Sosialisasi Literasi Digital Tanah Datar, Senin (1/8/22). Kemudian dilanjutkan dengan proses registrasi oleh GTK dan peserta didik.

Para GTK tidak mengalami masalah dalam proses registrasi.

Kendala justru dialami oleh peserta didik. Selain faktor teknis registrasi, kendala juga masalah gadget dan sarana penunjang online.

Mengatasi hal itu pihak sekolah akhirnya menyiapkan fasilitas Nobar di 3 titik akses. Masing-masing titik akses diawasi oleh GTK.

"Supaya lebih efektif maka pelaksanaan webinar dibagi menjadi 3 lokasi, yaitu di Lab. IPA, musholla dan di sekitar perpustakaan sekolah," terang Syafrida SPd, Kepala SMPN 2 Lintau Buo kepada matrapendidikan.com beberapa saat sebelum dimulai webinar.

Acara Literasi Digital  bertema Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini tersebut diselenggarakan oleh Kominfo RI, Siber Kreasi dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Seperti diketahui, Program Indonesia Makin Cakap Digital telah diluncurkan oleh Kominfo RI 20 Mei 2021 lalu.

Cakap literasi digital berdasarkan 4 pilar utama, yaitu etis bermedia digital, aman bermedia digital, cakap bermedia digital dan budaya bermedia digital.

Oleh sebab itu webinar juga berisi materi pengembangan kecakapan digital masyarakat pada tingkat dasar.

Yang tergolong kecakapan digital tingkat dasar antara lain fotografi, videografi, media sosial, public speaking, tangkas digital, tular nalar bersama google, copywriting, digital marketing, privacy digital, keamanan siber dan materi lainnya.i

Diakhir kegiatan webinar Nobar Cakap Literasi Digital, GTK yang sudah mengikuti webinar dan mengisi daftar hadir mendapat piagam dari pihak penyelenggara.***