Melanjutkan Kemana Tamat SD?

Melanjutkan kemana tamat sd/mi? – Meskipun hasil ujian sekolah berstandar nasional (USBN) belum diumumkan namun tamatan SD/MI sudah dapat mendaftar ke jenjang sekolah berikutnya. Bahkan sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah (Pemda), sebagiannya sudah menyelesaikan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2018/2019.

Lalu, melanjutkan ke mana tamat SD?

Anak sekolah zaman sekarang, sepertinya sudah pintar mengincar sekolah yang akan mereka tuju untuk melanjutkan sekolah. Mereka sudah mendapat informasi dari guru di sekolah bahkan dari media informasi yang ada.

Disinilah peran orangtua dalam memfasilitasi keinginan dan kemauan anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Orangtua tidak memaksakan kehendak atau bahkan memaksa anak untuk sekolah di tempat itu atau di tempat ini.

Jika terjadi perbedaan keinginan dan kemauan antara orangtua dengan anak, maka orangtua perlu memberikan masukan dan pertimbangan yang logis dalam memilih sekolah untuk anak.

Sebagai contoh, anak mau masuk ke SMP Unggulan di kota. Orangtua sudah dapat membaca peta kemampuan anak melalui rapor hasil belajar minimal selama 5 semester terakhir.

Jika anak berkeinginan masuk ke sekolah tersebut, orangtua perlu mengetahui dan menjelaskan kepada anak tentang persyaratan masuk ke sekolah tersebut.
Seorang anak berprestasi di sekolah dan punya keterampilan membaca al qur’an, mungkin lebih pas masuk ke madrasah ataupun pesantren untuk pengembangan potensi akademik dan non akademik yang dimiliki anak.

Namun jika anak tersebut memilih untuk masuk sekolah umum (SMP), orangtua perlu mendukungnya.

Kemana pun anak mau melanjutkan pendidikan tamat SD, yang terpenting adalah kemauan dan keinginan anak itu sendiri.

Disini tidak dikatakan semua sekolah itu sama. Tidak. Setiap sekolah memiliki layanan pendidikan dan reputasi tidak sama.

Ada sekolah yang menonjol di bidang akademik, non akademik, namun ada pula kedua-duanya.
Orangtua perlu juga mengetahui apakah suatu sekolah sudah memberikan layanan pendidikan kekinian atau belum.

Memilih sekolah untuk anak tamatan SD tentulah sekolah yang sesuai dengan keinginan, karakter dan potensi yang dimiliki anak.***